Ilustrasi

Bantuan yang diberikan disesuaikan dengan pemilih di masing-masing desa. Ada yang Rp 45 juta, Rp 50 juta sampai Rp 55 juta, sama seperti pilkades tahun lalu.

Ahmad Arifin
Kadis Pemberdayaan Masyarkaat dan Desa Cilacap

CILACAP, SATELITPOST-Perintah Kabupaten Cilacap mengalokasikan anggaran sebesar Rp 2,4 miliar untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak akan dilaksanakan pada akhir tahun 2018. Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji pada penyampaian Rancangan Peraturan Daerah tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Cilacap 2018.

“Bantuan kepada pemerintah desa untuk pelaksanaannya pemilihan kades sebesar Rp 2,4 miliar bagi 48 desa dengan besaran tiap desa Rp 50 juta,” ujar Bupati.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarkaat dan Desa, Ahmad Arifin mengatakan, awalnya memang diusulkan anggaran sebesar Rp 75 juta, namun yang disetujui dengan anggaran Rp 50 juta per desa.

“Bantuan yang diberikan disesuaikan dengan pemilih di masing-masing desa. Ada yang Rp 45 juta, Rp 50 juta sampai Rp 55 juta, sama seperti pilkades tahun lalu,” ujarnya.

Beberapa saat lalu, Asisten Pemerintah Setda Cilacap, Wasi Ariyadi mengatakan, ada sebanyak 227 desa yang akan menggelar pilkades. Yang akan dilaksanakan pada tahun 2018 dan 2019.

Untuk tahun 2018 ada sebanyak 48 desa, dihelat pada bulan Desember, sedangkan untuk 177 desa akan melaksanakan pilkades pada bulan Maret-April. Sementara itu ada dua desa pada akhir tahun 2019.

Anggaran untuk pilkades ini, akan dibiyai oleh APBD. Hal ini sesuai dengan edaran surat dari Kementerian Dalam Negeri yang menyatakan agar pilkades dibiayai oleh PBD, tidak boleh dari APBDes. ([email protected])

Komentar

komentar