BANYUMAS, SATELITPOST– Jalur alternatif yang menghubungkan Cilongok hingga Pekuncen masih minim penerangan jalan. Penerangan jalan hanya bersumber dari lampu halaman rumah warga di tepi jalan.

 

Dari arah Cilongok, setelah melewati Desa Kalisari Kecamatan Cilongok jalan alternatif saat malam gelap gulita karena tidak ada lagi lampu halaman rumah warga. Dari Desa Kalisari sampai memasuki wilayah Kecamatan Pekuncen, merupakan wilayah perkebunan dan sawah sehingga tidak ada penerangan jalan. Banyak tanjakan dan tikungan di jalur tersebut, sehingga cukup berbahaya bagi pengendara.

 

Rina, warga Desa Glempang, Kecamatan Pekuncen mengatakan banyak warga tidak berani melintas malam karena gelap gulita. Padahal, jalan saat ini sudah halus dan Cilongok dengan Pekuncen menjadi sangat dekat.

 

“Jalan sudah halus, tapi kalau malam serem. Gelap gulita, apalagi di perbatasan Desa Candinegara Pekuncen ke Kalisari Cilongok. Ada  tanjakan dan tikungan, takut, ” kata dia, Rabu (7/6).

 

Sedangkan menurut Mahbub, warga Desa Pandansari Kecamatan Ajibarang, menjelang hari raya Idulfitri diharapkan Pemkab Banyumas segera memasang Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di jalan alternatif Cilongok-Pekuncen.

 

“Sekarang saja sudah banyak yang masuk ke jalur alternatif Cilongok-Pekuncen dari Pandansari, Ajibarang. Jalannya sudah bagus, jadi memang pilihan baik menghindari jalan besar, ” kata Mahbub.

 

Ia mengatakan, arus mudik jalur alternatif Cilongok-Pekuncen akan sangat ramai. Sebab, saat ini saja, banyak warga wilayah Kecamatan Pekuncen menuju pasar Ajibarang memilih jalur alternatif tersebut. (auliaelhakim01@gmail.com)

 

SIDEBAR

Pengamanan Dipersiapkan

 

Menjelang Hari Raya Idulfitri tiga pekan lagi, Polres Banyumas melakukan simulasi pengamanan arus mudik di Pos Lalu Lintas Ajibarang kemarin (7/6) bersama sejumlah Sentra Komunikasi (Senkom) mitra Polisi.

 

“Kami melakukan pelatihan dan simulasi bersama Senkom. Sebab Senkom adalah Mitra Polri yang selama ini selalu bergandeng tangan dengan pihak Kepolisian dan sudah terjalin mulai dari Mabes Polri sampai ke tingkat polsek-polsek di seluruh Indonesia, ” kata Kasat Binmas Polres Banyumas, AKP Kusnadi SH.

 

Pada persiapan jelang Idulfitri, pembinaan pembekalan dan pelatihan ini diawali dengan pelatihan PBB oleh Para Pelatih dan dilanjutkan dengan pelatihan persiapan menghadapi pengamanan lebaran Operasi Ramadniya 2017.

 

AKP Kusnadi mengatakan, dalam waktu dekat, akan ada pelaksanaan Operasi Ramadniya, operasi serentak di seluruh Indonesia. Diharapkan Senkom sebagai mitra Polri ikut andil dalam membantu Kepolisian dalam hal menciptakan Kamtibmas.

 

“Segenap Pimpinan Polres Banyumas sangat berterima kasih atas kerja sama Senkom dalam membantu tugas-tugas Kepolisian dalam Operasi Kemanusiaan,” kata dia. (aulia el hakim)

 

 

Komentar

komentar

LEAVE A REPLY