PENGENDARA melintas di jalan alternatif di Desa Pandansari, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Kamis (8/6). SATELITPOST/AULIA EL HAKIM

BANYUMAS, SATELITPOST-Pemerintah Kabupaten Banyumas menyiapkan 24 jalur alternatif agar arus lalu lintas mudik berjalan lancar.

Jalur alternatif tersebut tersebar di sujumlah perbatasan Kabupaten Banyumas. Mulai dari perbatasan Brebes di Banyumas bagian barat, perbatasan Cilacap di bagian selatan, perbatasan Purbalingga di utara dan perbatasan Kebumen di Banyumas bagian timur.

Kepala Bidang Pemeliharaan Jalan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Banyumas, Achmad Setiawan mengatakan, pihaknya saat ini tengah mempercepat pemeliharaan jalan di ruas tersebut agar siap dilalui arus mudik Lebaran.

“Pekerjaan pemeliharaan 24 jalur alternatif sudah 85 persen. Targetnya H-10 Lebaran seluruh pekerjaan rampung, sehingga jalur alternatif siap digunakan,” kata dia.

Achmad Setiawan mengatakan, pemeliharaan dilakukan dengan menambal badan jalan yang berlubang menggunakan aspal bakar serta aspal emulsi. Khusus pemeliharaan pada jalan yang rusak parah, antara lain ruas jalan Sokaraja-Kalianja, menggunakan teknik Lapis Pondasi Atas (LPA).

Selain itu, perbaikan jalan juga dilakukan dengan pembersihan saluran air sisi jalan untuk mengurangi risiko air meluap ke badan jalan.

“Aspal itu musuhnya air. Ada beberapa ruas jalan yang sebelumnya sudah dihaluskan sekarang rusak lagi,” kata dia.

Ia mengatakan, sudah mengkoordinasikan dengan Dinhubkominfo Banyumas untuk memasang rambu-rambu adanya 24 jalur alternatif yang bisa dilalui pemudik. (kim)

Komentar

komentar

LEAVE A REPLY