ilustrasi

PURWOKERTO, SATELITPOST-Dua bakal pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Banyumas telah menjalani pemeriksaan kesehatan tahap pertama di RSUD dr Moewardi Solo, Jumat (12/1). Keduanya yakni pasangan Achmad Husein-Sadewo Tri Lastiono dan Mardjoko-Ifan Haryanto.

Pemeriksaan tahap pertama dilakukan pemeriksaan bebas penyalahgunaan narkotika dan kesehatan psikologi. Tim pemeriksa bebas penyalahgunaan narkotika langsung dari Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP) Jawa Tengah. Tim pemeriksa kesehatan psikologi dari Himpunan Masyarakat Psikologi Indonesia (HIMPSI) Wilayah Jawa Tengah.

RSUD dr Moewardi memberikan pemeriksaan dan pelayanan kepada bapaslon seoptimal mungkin. Menurut Komisioner KPU Banyumas Divisi Teknis, Ikhda Aniroh, pemeriksaan dilakukan‎ sesuai dengan Pedoman Teknis Pemeriksaan Kemampuan Jasmani, Rohani dan Bebas Penyalahgunaan Narkotika yang dikeluarkan oleh KomisiPemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas.

Saat pengambilan sampel menurut dia, bakal calon selain didampingi perawat RSUD dr Moewardi, juga didampingi personel kepolisian dan saksi dari pihak KPU Banyumas dan bakal pasangan bakal calon. “Ini sudah protap (prosedur tetap, red) sesuai ketentuan KPU RI,” kata dia.

Menurutnya, pemeriksaan kesehatan akan kembali dilanjut pada tahap kedua, Sabtu (13/1). Yakni pemeriksaan kemampuan kesehatan jasmani. Tim pemeriksa berasal dari tenaga medis oleh RSUD dr Moewardi Solo. (alf)

Komentar

komentar

BAGIKAN