CILACAP, SATELITPOST-Rumah milik Sutaryo (67) warga Jalan Kendeng RT 06 RW 15 Kelurahan Sidanegara, ludes terbakar dilahap si jago merah, Rabu (7/6). Diduga kebakaran tersebut dipicu karena keponakan pemilik rumah yang mengalami gangguan jiwa bermain api di dalam rumah.

Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 08.30 WIB. Rumah berukuran sekitar 5×7 meter ini ludes terbakar beserta dengan isi-isinya. Seperti sepeda, televisi, alat-alat perbengkelan, ponsel dan lainnya ikut ludes terbakar. Selain itu juga surat-surat berharga serta uang yang belum diperkirakan jumlahnya.

Sutaryo mengatakan pada saat kejadian dia sedang bekerja di bengkel mobil. Sehingga keponakannya yang mengalami gangguan jiwa berada di dalam rumah sendirian. “Dia kan merokok, mainan korek, mungkin mbakar apa. Kalau ngga dikasih (rokok dan rek) dia ngamuk,” katanya.

Dia bersama keponakannya itu memang berada di rumah tersebut hanya berdua. Sedangkan istrinya berada di luar kota. Saat terjadi kebakaran keponakannya sempat kabur, dan saat api dipadamkan, dia diikat di pohon, mencegah agar tidak kabur.

Ketua RT 06, Samud Mutarto mengatakan keponakan Sutaryo yang mengalami gangguan jiwa ini juga pernah beberapa kali melakukan hal sama. Namun, dengan cepat berhasil digagalkan. “Menurut Sutaryo, sudah lebih dari sekali, mungkin tiga kali, tapi sempat tertolong, jadi tidak sampai membakar rumah,” ujarnya.

Dua mobil pemadam kebakaran bersama dengan warga melakukan pemadaman terhadap rumah yang berada sekitar 100 meter dari jalan raya. Sehingga membuat selang air harus disambung menjadi empat. Dalam waktu sekitar 30 menit, api berhasil dipadamkan.

“Saat sampai di sini, api sudah ada di atas, kami datang dengan dua armada,” kata petugas lapangan UPT Damkar Satpol PP Cilacap, Setyo Rumekso.

Api cepat membakar rumah Sutaryo karena rumah dan isinya mudah terbakar. Seperti material bangunan rumah yang masih menggunakan kayu dan bambu, serta pemilik yang juga memiliki kegiatan perbengkelan serta alat-alat elektronik yang mudah terbakar. (ale)

Komentar

komentar

LEAVE A REPLY