CALON siswa melihat pengumuman PPDB online di halaman SMAN 5 Purwokerto, Jumat (9/6). SATELITPOST/ALFIATIN

PURWOKERTO, SATELITPOST- Pendaftaran SMA/SMK Negeri mulai tahun 2017/2018 ini melalui online serentak, tidak lagi manual. Namun, sosialisasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) online tersebut masih dirasa kurang.

 

Pasalnya, beberapa siswa SMP yang akan mendaftar mengaku masih bingung dengan ‎proses seleksi tersebut. Seperti yang diungkapkan Bangkit dan Akmal dari Sirau, Kecamatan Kemranjen. Ia mengaku mengetahui informasi PPDB online justru dari pesan yang di-share teman-teman sekolahnya.

 

‎”Sebelumnya si memang sudah ada sosialisasi dari SMA/SMK yang datang promosi ke sekolah. Tapi, mereka cuma mengatakan langsung datang saja ke sekolah,” kata Bangkit, Jumat (9/6).

 

Bangkit yang rencana akan mendaftar bersama-sama dengan teman lainnya tersebut mengaku ada sedikit kekhawatiran. Ia mengaku takut ada pihak yang nilainya lebih kecil tapi bisa masuk ke sekolah yang ia inginkan tersebut.

 

Hanifah, pelajar asal Ajibarang juga mengaku masih belum memahami secara detail proses seleksinya. “Paling nanti ikut teman, coba daftarnya di sekolah biar bisa dibantu,” kata Hanifah.

 

Hal serupa pun diungkapkan Danisa Rianti, alumni SMP Negeri 2 Baturraden ini rela datang jauh-jauh ke SMAN 5 Purwokerto bersama ayahnya. Ia mengaku ingin mencari informasi tentang PPDB online yang akan dilakukan serentak itu.

 

“Tadi mau tanya informasinya, tanya nilai minimun untuk bisa masuk ke SMAN 5 Purwokerto berapa, biar tahu bisa masuk apa tidak. Tapi disuruh baca banner pengumuman ini,” kata dia.

 

‎Sementara itu seorang wali siswa alumni SMPN Purwokerto, ARh (55) mengatakan tidak terlalu khawatir dengan proses seleksi yang baru tersebut. Pasalnya, sejak masuk SMP, anaknya sudah mendaftar melalui online juga. “Kita si ikut saja, nanti daftar di sekolah saja sekalian menyerahkan berkas verifikasinya,” kata dia.

 

Kasi SMA/S‎LB BP2MK Wilayah V Banyumas, Yuniarso K Adi, mengatakan pihaknya sudah sosialisasi secara maksimal. Sosialisasi PPDB online melalui internet, animasi serta SMA/SMK tentang petunjuk teknis dan sistem.‎ Semua SMA/SMK negeri dilakukan secara online, sementara swasta melalui offline. Tapi pelaksanaannya harus serentak. “Calon siswa yang ingin mengetahui informasinya bisa buka di internet atau datang langsung ke sekolah. Di SMA/SMK ada pelayanan informasi PPDB online,” kata dia.

 

Untuk pendaftaran secara mandiri‎ dilakukan pada 11-14 Juni 2017, sementara yang di sekolah mulai 12-14 Juni 2017. Sehingga, bagi calon siswa yang akan mendaftar di sekolah tujuan bisa melakukan pendaftaran pada 12-14 Juni mulai pukul 08.00-15.00.

 

Menurutnya, masing-masing sekolah sudah menyiapkan admin dan operator untuk pelaksanaan pendaftaran. Mulai dari verifikasi berkas dan entry data pendaftaran siswa.

 

Sementara du Kabupaten wilayah BP2MK wilayah V Banyumas, juga disediakan help desk untuk informasi PPDB online. Supaya masyarakat di luar Banyumas tidak perlu jauh-jauh ke kantor BP2MK. “Help desk masing-masing kabupaten juga bisa untuk pengaduan terkait adanya pelaksanaan PPDB yang tidak sesuai,” katanya.‎ (alf)

Komentar

komentar