POTRET umat Islam di India. FOTO NET

SELAMA ini Indonesia dikenal sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia. Pada tahun 2010, jumlah penduduk Islam di Indonesia mencapai 209 juta jiwa. Jumlah tersebut setara dengan 13,1 persen jumlah muslim di dunia.

 

Posisi Indonesia dengan jumlah muslim terbesar di dunia berjalan dalam rentang waktu yang lama. Namun, jangan heran jika pada 2050 nanti Indonesia tak lagi menjadi negara dengan jumlah muslim terbesar di dunia. Pada 2050 nanti, Indonesia akan berada di posisi tiga, di bawah India dan Pakistan.

 

Hal ini sesuai dengan kajian Lembaga Pew Research Center, Amerika Serikat pada dua tahun lalu. Seperti dikutip dari wall street journal, jumlah penduduk Islam di Indonesia memang akan tetap bertambah pada tahun 2050. Namun, pertambahan itu masih kalah dari India.

 

Disebutkan, jumlah anak muslim di Indonesia tidak sebanyak di India. Selain itu, tingkat kesuburan wanita muslim di India luar biasa. Satu wanita muslim di India rata-rata memiliki sampai tiga anak. Hal inilah yang membuat muslim di India akan meledak pada tahun 2050.

 

Di tahun itu, penduduk Islam di India mencapai di kisaran 311 juta jiwa. Sementara Pakistan akan memiliki penduduk Islam kisaran pada kisaran 250 sampai 300 juta jiwa. Sementara Indonesia juga berada sama dengan rentang yang dimiliki Pakistan, tapi tetap kalah dalam segi jumlah.

 

Yang unik, sekalipun India memiliki jumlah muslim terbanyak di dunia pada tahun 2050, Islam di negara tersebut bukan agama mayoritas. Mayoritas penduduk India adalah beragama Hindu. Hanya saja persentase pemeluk Hindu turun dari tahun 2010 ke 2050. Pada tahun 2010 ada 80 persen pemeluk agama Hindu di India, pada 2050 ada 77 persen pemeluk agama Hindu di India.

 

Namun dijelaskan bahwa prediksi ini bisa berjalan jika tak ada perubahan yang frontal. Misalnya soal bencana yang mengubah jumlah penduduk atau perubahan agama yang mengubah jumlah pemeluk agama tertentu.

 

Di sisi lain, sebelum tahun 2050, diperkirakan pada 2030 Pakistan akan menjadi negara dengan jumlah penduduk beragama Islam terbesar menggeser Indonesia. Sekadar diketahui, Pakistan kini memiliki 194 juta penduduk beragama Islam atau setara dengan 96 persen dari total penduduk Pakistan. Pakistan sebelumnya adalah termasuk wilayah India, namun karena perbedaan pemeluk agama, mereka menjadi negara sendiri bernama Pakistan.

 

Posisi Pakistan sebagai negara dengan penduduk Islam terbesar memang tak akan lama. Sesuai prediksi di atas maka pada 2050 India akan jadi negara dengan penduduk Islam terbesar di dunia. (lil/berbagai sumber)

Komentar

komentar