Komunitas Genk Kreatif Jawa Tengah
Komunitas Genk Kreatif
Komunitas Genk Kreatif P3MD Jawa Tengah. Jawa Tengah
Komunitas Genk Kreatif P3MD Jawa Tengah. ISTIMEWA

Bekerja menjadi pendamping desa seperti Komunitas Genk Kreatif P3MD Jawa Tengah bukanlah hal yang mudah. Mereka dituntut untuk bisa melakukan terobosan yang jitu dalam rangka membuat desa dampingan mandiri di segala bidang.

Juru kunci Genk Kreatif P3MD Jateng, Ceceng Rusmana kepada SatelitPost menuturkan sebelum mulai bekerja kami diberi pelatihan atau disebut pratugas selama 9 hari yang diikuti oleh pendamping desa seluruh Jawa Tengah berlokasi di Semarang.

Dari pratugas ini muncul ide dan gagasan bahwa pendamping desa tidak hanya bekerja di wilayah sendiri tapi harus melakukan jejaring di semua kalangan. Karena pada dasarnya pendampingan desa bukanlah sebuah pekerjaan birokratis, tetapi sebuah seni yang goal-nya adalah menjadikan desa dampingan menjadi lebih baik.

Komunitas Genk Kreatif P3MD Jawa Tengah
Komunitas Genk Kreatif P3MD Jawa Tengah

Berangkat dari keinginan itulah, para pendamping desa tersebut berkumpul membuat sebuang geng. Jangan diartikan negatif dahulu, pemilihan istilah “geng” karena komunitas ini ingin bergerak dengan bebas. Dalam membangun kreativitas dan inovasi yang nantinya akan membuat image desa dampingan “terdongkrak”.

Ceceng Rusmana menyebut, Genk Kreatif P3MD Jateng beranggotakan para pendamping desa yang kreatif yang berbasis terutama di Kabupaten Cilacap, Banyumas, Banjarnegara, Kebumen, Solo Raya, Demak, Grobogan, Pemalang, Semarang. Geng ini pun beranggotakan perangkat desa, LSM pegiat desa, bahkan kepala desa. Seperti Kades Pungsari Kecamatan Plupuh Sragen.

Saat ini Genk Kreatif P3MD Jateng terdiri dari sekitar 53 anggota. Dibagi menjadi tiga kelompok, 30 orang kelas aktif, 15 orang kelas kreatif, dan delapan kelas pelopor, dan setiap wilayah dikomando oleh satu orang untuk memudahkan koordinasi.

Sejak terbentuk pada Maret lalu di Semarang, kegiatan geng pendamping desa iniĀ  di antaranya melakukan jejaring dengan pendamping desa di seluruh wilayah di Indonesia. Prioritas utamanya adalah mengikuti semua kegiatan yang bersifat promosi desa seperti pameran desa atau lomba desa, pameran produk desa, wisata desa antara lain sudah mengikuti kegiatan di dalam maupun luar kota seperti mengikuti festival bumdes di Bukittinggi Sumatera Barat, Festival Prukades (Produk Unggulan Desa).

Komunitas Genk Kreatif Jawa Tengah
Komunitas Genk Kreatif Jawa Tengah

Disinggung masalah permodalan, Ceceng mengungkapkan untuk membiayai kegiatan komunitas tidak pernah dibebankan kepada desa dampingan atau dinas. Tetapi berasal dari urunan swadaya anggota komunitas dan hasil dari penjualan produk di ajang promosi itu sendiri. GenkĀ  Kreatif P3MD Jateng juga terkadang mendapatkan dukungan dari pihak pegiat desa lainnya untuk sarana akomodasi di tempat kegiatan.

Sedangkan untuk menjalin komunikasi, komunitas ini menggunakan media sosial grup seperti Facebook, Twitter, dan WhatApps. Grup Facebook kami yang merupakan basis pergerakan adalah grup.(lim)

Kepengurusan Komunitas Genk Kreatif P3MD Jateng:

  1. Juru Kunci : Ceceng Rusmana (Cilacap)
  2. Ketua: Muhammad Amrin
  3. Sekretaris: Fitri Haryani (Kebumen)
  4. Bendahara : Anggraeni Jati Ningrum dan Nursidik (Semarang dan Banyumas)
  5. Humas : Indah Tyasmini (Sragen) Dokumentasi Padiyono Eko (Banjarnegara)
  6. Komandan Barat: Setyawan Catur Hermanto (Banyumas)
  7. Komandan Timur : Untung Prasetyo (Grobogan)
  8. Komandan Utara : Khayati Muharomah
  9. Komandan Selatan: Ahmad Nuryanto (Kebumen)

 

Komentar

komentar

BAGIKAN