FOTONET

Bahan :

180 gram keju cheddar

300 ml susu cair UHT

1 sdm tepung tapioka

5 sdm susu kental manis

 

Cara membuat :

  1. Larutkan tepung tapioka dengan 5 sdm air, sisihkan.
  2. Parut keju, masak dengan susu cair sampai keju meleleh.
  3. Masukkan susu kental manis, dan kentalkan dengan larutan tapioka, angkat dan cetak, dinginkan.
  4. Setelah dingin masukkan kedalam freezer kulkas.
  5. Saat mau gunakan tinggal parut sebagai topping pizza, lasagna, potato cheese, schotel. dll.

Tips cara Memarut Keju Mozzarella yang baik dan benar :

Keju mozzarella adalah salah satu jenis keju yang banyak digunakan untuk masakan, cake maupun kue. Keistimewaan keju ini dibandingkan jenis keju lain adalah kemampuannya untuk meleleh saat terkena suhu panas. Karena itu mozarella adalah topping yang digemari untuk masakan maupun hidangan pasta.

Seringkali keju mozzarella harus diparut terlebih dahulu sebelum diolah dalam masakan. Untuk membuat keju mozzarell menjadi bentuk yang kecil dan halus dalam bentuk parutan bukan hal yang mudah, karena tektur dari keju ini sangat lunak. Salah memarutnya hanya akan membuat keju mozzarella hancur menjadi bentuk yang berantakan.

  1. Bungkus keju mozzarella dengan plastik lalu masukkan ke dalam freezer selama 20 menit. Keluarkan. Hal ini dilakukan agar tekstur mozzarella lebih keras dan memudahkan proses memarut.
  2. Kadang bagian keju sering menempel pada bagian parutan. Untuk menghindarinya, oles tipis bagian parutan dengan minyak zaitun atau minyak kelapa.
  3. Genggam keju dengan erat, lalu tangan yang lain menahan parutan. Tekan hingga memperoleh ketebalan yang Anda inginkan. Tidak perlu terlalu keras karena keju bisa patah.

 

  1. Setiap kali hasil parutan keluar, pastikan tidak ada keju yang tersisa pada bagian belakang dengan bantuan jari Anda. (gst)

 

Komentar

komentar

LEAVE A REPLY