Bisnis kuliner yang terus menjamur di Kota Purwokerto, membuat para pemburunya semakin mudah memilih menu makanan. Tapi, jika Anda mulai bosan dengan menu makanan western atau menu kekinian lainya, Anda bisa coba melipir ke pinggiran Kota Purwokerto. Tepatnya ke RM Oemah Tahu Sumedang (OTS) Mang Eman yang ada di jalan Tambaksogra-Sumbang.

RM ‎OTS Mang Eman ini, hadir dengan aneka menu-menu yang bakal mengobati kerinduan pada makanan tradisonal. Sesuai tagline yang diusungnya, kekhasan yang terjaga.

Branch Manager RM OTS ‎Mang Eman, Astri Yara Elsera mengatakan, saat ini sudah sangat jarang ditemukan menu-menu makanan tradisional. Sesuai tagline-nya, RM OTS Mang Eman pun menurut dia memilih berani mengeluarkan menu-menu yang sudah sangat jarang ditemui tersebut.

“Menu yang sudah jarang ditemui, kita olah dan kita keluarkan menjadi satu menu di sini. Kebanyakan kita memang mengeluarkannya menu tradisional, untuk mengobati kangen masakan zaman dulu. Di sini ada menu modernnya, tapi tidak banyak,” kata Astri.

Satu menu baru di RM OTS Mang Eman adalah nasi liwet ayam taliwang. Kombinasi nasi liwet khas sunda yang dipadukan dengan ayam taliwang khas Lombok. Paduan unik ini menciptakan kelezatan tersendiri. Pedas manis dan pencampuran plecing kangkung berpadu dengan gurihnya nasi liwet.

‎Selain itu, ada juga nasi liwet layur cabai ijo. Sajian ini adalah perpaduan nasi liwet dengan ikan asin layur dan cabai ijo pakai petai. Gurih, pedas, asin berpadu dengan petai yang akan membuat semakin lezat.

Ada juga nasi campur oemah tahu iso babat, kluban orek tempe tahu sutra, dan telur dadar.‎ Atau bagi penggemar jengkol, bisa juga menikmati jengkol goreng sambal. Ada juga ketoprak Jakarta, oseng petai sambal, sega babat, kupat tahu sumedang, dan menu lainnya.

‎Kalau mau makan ramai-ramai, RM OTS Mang Eman juga menyediakan menu nasi bancakan khas OTS. Menu nasi liwet ini ‎disajikan memakai alas daun pisang, ayam bakar/goreng, kluban, mendian, oseng buncis, sambal lalap, telur perkedel, dan peyek. Nasi bancakan untuk 10 porsi ini, hanya dibanderol Rp 360 ribu saja.

“Kalau mau pakai piring juga disediakan prasmanan,” kata dia.

Menu khas dengan rasa yang enak, semakin sempurna dengan suasana RM OTS Mang Eman yang asri dan nyaman. Makan di saung dengan pemandangan hijau gunung Slamet, ditemani suara gemericik air sungai yang mengalir. Semakin asyik lagi dengan pemandangan ikan-ikan yang berenang di bawah dan sekitar saung.

‎Asyik bukan? Yuk langsung saja ke RM OTS Mang Eman yang buka setiap hari mulai pukul 09.00-21.00 WIB. Khusus weekend, buka mulai pukul 09.00-22.00 WIB ya. (alfisatelitpost@gmail.com)‎

Komentar

komentar

BAGIKAN