BANYUMAS, SATELITPOST-Walaupun bulan Ramadan, namun stok darah di Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Banyumas masih cukup melimpah. Bahkan stoknya mencapai 1.121 kantung darah.

Menurut Direktur Unit Donor Darah (UDD) PMI Banyumas, dr Ivone Rusyandari stok darah yang ada saat ini pada darah golongan A sebanyak 191 kantung, kemudian golongan darah B sebanyak 311 kantung. “Untuk golongan darah AB ada 104 kantung, kemudian darah O ada 515 kantung,” ujarnya, Kamis (8/6).

Persediaan darah yang ada menurut Ivon masih mencukupi untuk beberapa hari ke depan. Pasalnya permintaan darah juga belum ada peningkatan dan masih normal seperti hari-hari sebelumnya. “Namun, saat ini kami masih tetap melaksanakan kegiatan donor darah keliling hanya saja jadwalnya di rubah,” ujar Ivone.

Biasanya dilakukan setelah shalat tarawih, dengan kendaraan PMI yang menunggu di depan masjid ataupun mushola. “Selain itu kita juga melakukan donor darah keliling di tempat-tempat keramaian, pemukiman warga, dan melalui komunitas atau organisasi kemasyarakatan,” kata dia.

Walaupun saat ini permintaan darah belum meningkat, namun Ivon memprediksi ketika menjelang lebaran ataupun sesudah lebaran, mengalami peningkatan.(san)

Komentar

komentar