CILACAP, SATELITPOST-Perda Perda Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat (Tibumtramas) sedang dibahas. Dalam perda itu juga akan ada aturan tentang larangan memberi uang pada pengemis.

 

“Nanti kalau sudah berlaku, maka ada sanksi tegas bagi pemberi dan penerima. Saat ini kan belum ada,” kata Kepala Satpol PP Cilacap Ditiasa Pradipta melalui Kasi Operasi dan Pengendalian (Opsdal) di Satpol PP Cilacap Rohwanto, Rabu (6/9) kemarin.

 

Dia mengatakan, Pemkab Cilacap nantinya juga akan memberikan sosialisasi dengan pemasangan papan di setiap perempatan, agar tidak ada lagi yang memberi kepada pengemis.

 

“Adanya pengemis, karena masih banyak pengendara yang memberi. Kami berharap Perda ini segera ditetapkan, sehingga penanganan terhadap pengemis akan lebih tegas,” katanya.

Untuk penanganan saat ini, kata dia, para pengemis ini diminta untuk membuat surat pernyataan yang ditandatangani oleh RT, RW dan juga dari lurah di desa, sebagai efek agar mereka malu. Selain itu mereka akan menginap 1×24 jam di kantor Satpol PP, serta uang hasil ngemis disita. (ale)

 

Komentar

komentar

BAGIKAN