POLISI menginterogasi tersangka pencuri sepeda motor saat jumpa pers di Mapolsek Banjarnegara, Kamis (8/6). SATELITPOST/GATOT HC

BANJARNEGARA, SATELITPOST-Tak memiliki kendaraan sendiri, Slamet nekat nyolong motor demi memenuhi keinginannya menjadi tukang ojek. Karena tak lagi lincah, kakek 60 tahun yang terdaftar sebagai warga Wonosobo ini dengan mudah disergap Polisi bersama sepeda motor hasil curiannya.

Kapolres Banjarnegara, AKBP Saiful Anwar melalui Kasat Reskrim, AKP T Sapto Nugroho mengatakan, dalam aksinya Slamet mencuri sepeda motor di depan Kantor Kecamatan Mandiraja bermodalkan kunci duplikat yang dibelinya seharga Rp 5 ribu.

“Dari Wonosobo, Mbah Slamet ini naik bus dan turun di Mandiraja. Melihat ada motor Yamaha Jupiter terparkir di depan kantor kecamatan, dia langsung merusak paksa kunci setang dengan kunci duplikatnya,” katanya.

Aksi mbah Slamet ketahuan saat hendak keluar dari halaman kantor kecamatan. Pemilik sepeda motor yang sedang memfoto kopi berkas di seberangnya, melihat kendaraannya sedang ditunggangi orang tak dikenal.

“Polisi piket di Polsek Mandiraja langsung lakukan pengejaran setelah menerima laporan. Cuma sekitar 100 meter, Mbah Slamet berhasil dihentikan dan langsung dibawa ke Mapolsek demi keamanannya,” kata AKP T Sapto.

Mbah Slamet masih menjalani pemeriksaan di Mapolres Banjarnegara untuk kepentingan penyelidikan. Akibat perbuatannya, dia terancam penjara maksimal tujuh tahun karena melanggar pasal 363 KUHP, tentang pencurian dengan pemberatan.

Kepada wartawan dihadapan polisi, Mbah Slamet mengakui, dia nekat mencuri sepeda motor karena ingin mencari uang dengan menjadi tukang ojek di Wonosobo.

“Saya tak punya uang, tapi ingin sekali memberi dua orang cucu pas lebaran nanti,” ujar Slamet.

Kasubag Humas Polres Banjarnegara, AKP Endang mengatakan, pihaknya mengimbau seluruh pemilik kendaraan bermotor untuk parkir di tempat yang terjaga oleh juru parkir.

“Saat ini sangat rawan kejahatan. Lebih baik waspada dan selalu gunakan kunci pengaman ganda untuk kendaraan,” katanya. (gat)

Komentar

komentar