RUMAH milik Tuti Dwi Utami di Desa Purwonegoro, Kecamatan Purwanegara, Kabupaten Banjarnegara terbakar, Jumat (8/9)

BANJARNEGARA, SATELITPOST-Kebakaran menimpa rumah Tuti Dwi Utami warga Desa Purwonegoro RT 4 RT 1, Kecamatan Purwanegara, Jumat (8/9) dini hari. Api membakar rumah berikut barang yang ada di dalamnya.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun di lapangan, kejadian tersebut baru diketahui pukul 03.00 WIB. Saat keluarga itu masih tertidur pulas, tiba-tiba terdengar ledakan-ledakan kecil dari ruang tengah rumah.

Tak lama berselang, keluarga itu melihat kobaran api sudah menjalar ke beberapa bagian rumah, termasuk menghanguskan dua sepeda motor yang terparkir di dalam rumah. Tak hanya itu, berbagai benda elektronik juga sudah ludes terbakar.

“Ada tiga kamar di rumah itu, api menjalar cepat dari ruang tengah dan belakang. Sebagian besar penghuni rumah tidur di kamar depan,” kata Tatang Sarjono, tetangga korban.

Melihat kobaran api, warga yang terjaga langsung memukul kentongan tanda bahaya. Tak berselang lama, puluhan warga datang dan berusaha memadamkan api sembari menunggu datangnya pemadam kebakaran.

“Api baru bisa dipadamkan sekitar 30 menit setelah mobil pemadam datang, beruntung api tidak menjalar ke rumah tetangga yang berdampingan,” ujarnya.

Rusman Gutho, warga lainnya mengatakan, setelah api dipadamkan, warga bersama para petugas SAR melakukan pembersihan. Api berhasil dicegah meluas dan hanya membakar satu rumah. “Habis semua, motor, kulkas, dan barang lainnya juga habis terbakar,” ujarnya.

Dugaan sementara penyebab kebakaran karena korsleting listrik di kamar belakang rumah korban. Tidak ada korban jiwa dan luka dalam peristiwa ini. Kerugian materil akibat kebakaran ditaksir Rp 150 juta. (oel)

Komentar

komentar