DAYEUHLUHUR, SATELITPOST-Berakhir sudah sandiwara dan petualangan Hendra (29), setelah perbuatannya mencuri barang milik mertuanya berhasil diungkap Satreskrim Kepolisian Sektor Dayeuhluhur, Polres Cilacap.

Kapolres Cilacap AKBP Yudho Hermanto,SIK melalui Kapolsek Dayeuhluhur, AKP Ponijan mengatakan, tersangka yang tercatat sebagai warga Dusun Jayasari, Desa Margajaya Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis ini, mencuri sejumlah uang dan barang milik Daspi (55) warga Dusun Ciparahu Desa Dayeuhluhur, Kecamatan Dayeuhluhur, yang tak lain mertuanya sendiri.

Dari penggeledahan Polisi, Hendra berhasil mencuri uang tunai Rp 1 Juta, uang tunai 300 Dollar Singapura, uang tunai 200 Dollar Brunei Darussalam, dua untai perhiasan kalung emas kuning, seuntai kalung emas putih, lima buah cincin emas, serta lima gelang emas dengan berat total 50,286 gram.

Selain itu, dia juga menggondol Rp 15 Juta yang ditariknya melalui kartu ATM berikut selembar kertas bertuliskan nomor pin ATM milik mertuanya.

Barang-barang berharaga milik korban tersebut, diambil Hendra dari dompet yang diletakan di dalam lemari plastik saat mertuanya pergi ke sawah dan tidak mengunci rumahnya.

“Total kerugian korban mencapai Rp 51.263.400. Pencurian dilakukan pelaku, Kamis (9/3) lalu, sekitar pukul 19.00 WIB,” kata Kapolsek, Kamis (8/6).

Tertangkapnya pelaku bermula dari laporan korban, terkait penarikan tunai dari ATM BRI kota Banjar. Bermodalkan informasi tersebut, Polisi berhasil melacak keberadaan Hendra yang akhirnya berhasil diringkus di Desa Gayam Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Minggu (21/5) sekitar pukul 17.00 WIB.

“Saat ditangkap, pelaku baru pulang kerja dari Sukabumi,” ujar Kapolsek.

 

Penangkapan Dramatis

Proses penangkapan pelaku, berlangsung cukup panjang hingga dua bulan lamanya. Pelaku sempat mengelabui petugas dengan ikut mendampingi korban melaporkan perihal pencurian tersebut.

Sejak awal kata Kapolsek, petugas sudah menaruh curiga kepada Hendra. Tetapi karena belum memiliki bukti yang cukup, Polisi tidak bisa gegabah menetapkan tersangka pencurian.

Kecurigaan itu akhirnya terbukti saat pelaku mengaku pamit pada istrinya, Nita Sulastri (32), untuk bekerja di Jogjakarta.

Selain menangkap dan menahan pelaku, Polisi juga mengamankan Eli setiadi (37), warga Langensari Kota Banjar yang menurut pengakuan pelaku ikut serta menguras isi ATM korban.(lim) 

Komentar

komentar

LEAVE A REPLY