Ratusan anggota Angkatan Muda Muhammadiyah mengecam dan mengutuk keras adanya aksi kekerasan yang terjadi kepada etnis Rohingya di Myanmar. Mereka meminta agar nobel perdamaian yang diterima oleh Aung San Suu Kyi di cabut.

 

Aksi yang diikuti oleh AMM yang terdiri dari utusan PDPM, PDNA, PD IPM, PK IMM, Kwarda, HW, Pimda Tapak Suci, Lazismu, MDMC dan Kokam ini berjalan dari gedung Dakwah Muhammadiyah menuju ke Alun-alun Cilacap. Sepanjang jalan mereka meneriakkan tuntutan mereka dengan membawa serta spanduk dan berbagai poster.

 

Koordinator Lapangan Aksi, Muhammad Jundullah Karim mengatakan, ada lima tuntutan yang  dibawa dalam aksi peduli etnis Rohingya kemarin. Terutama mengecam keras aksi pembantaian dan kekerasan yang terjadi di Myanmar. Kekerasan ini termasuk pelangaran HAM yang melebihi batas, dan telah melanggar beberapa aspek kemanusiaan.

 

“Kita memohon kepada pemerintah terutama kepada Presiden dan Menteri Luar Negeri untuk melakukan politik pressure, karena diplomatik sunyi sudah tidak efektif untuk meredam aksi pemerintah Myanmar,”  katanya.

 

Mendesak PBB untuk melakukan beberapa hal, untuk menjaga dan mengamankan etnis  Rohingya di Myanmar. Serta mencabut nobel perdamaian yang telah diberikan kepada pemimpin mereka Aung San Suu Kyi.

 

“Nobel perdamaian yang diterima Aung San Suu Kyi ini hanya untuk menyelamatkan dirinya, bukan untuk melakukan perdamaian di negaranya sendiri. Kami mendesak agar nobel tersebut dicabut,” katanya.

 

Selain itu, mengajak seluruh masyarakat Indonesia yang beranega ragam agama dan kepercayaan ini untuk menghormati  dan menjaga stabilisasi kerukunan agama di Indonesia. Selain itu tetap menjaga NKRI.

 

“Karena tidak patut, jika membawa masalah di Myanmar ke Indonesia. Mari kita tunjukkan keteladanan kita sebagai umat beragama untuk menjaga NKRI,” katanya.

 

Selain melakukan aksi kecaman di Alun-alun Cilacap, AMM ini juga melakukan penggalangan dana bantuan untuk etnis Rohingya. Penggalangan dana ini akan dilakukan selama satu pekan. Nantinya akan langsung dikirimkan ke Myamnar melalui LazisMu pusat. (ale)

Komentar

komentar