KONDISI Jalan penghubung Dusun Jengkol Desa Karangnangka menuju Kecamatan Pagentan yang amblas akibat pergerakan tanah, Jumat (12/1).

PAGENTAN, SATELITPOST-Hujan deras yang terjadi di Banjarnegara dalam beberapa terakhir, menyebabkan jalur utama penghubung Dusun Jengkol di Desa Karangnangka menuju Kecamatan Pagentan, amblas.

Berdasarkan data yang dihimpun, pergerakan tanah di akses utama warga itu sudah dirasakan sejak awal pekan lalu. Tetapi, kondisi jalan masih dapat dilalui.

“Saat ini jalan sudah amblas dan tidak dapat dilalui, karena kedalaman sudah mencapai 1,5 meter. Sedangkan jalan yang amblas sepanjang 30 meter,” kata Kepala Desa Karangnangka Supardi, kemarin (12/1).

Menurutnya, kerusakan jalan terparah ada di Dusun Jengkol tepatnya di wilayah RT 7 RW 1. Selain jalannya yang sudah tidak dapat dilalui, sedikitnya 30 rumah warga yang ada di kawasan tersebut juga terancam terbawa longsoran.

Komandan Kodim 0704 Banjarnegara, Letkol Inf Bagas Gunanto melalui Danramil 18 Pagentan Kapten Inf Prayogi mengatakan, sejak tiga hari lalu kondisi jalan memang sudah mulai ada pergeseran.

“Tadi kami cek ke lokasi, kedalaman amblasnya sudah sekitar 1,5 meter. Tak jauh dari lokasi rekahan juga ada rumah warga, kalau dibikin garis lurus rekahan itu ada sekitar 30 rumah yang terancam,” katanya.

Untuk mencegah melebarnya rekahan, warga bersama jajaran TNI melakukan antisipasi sederhana dengan membuat tanggul dan menutup rekahan dengan tanah. Mereka berharap agar amblasnya jalan tersebut tidak menyebabkan longsor yang dapat mengancam keselamatan warga.

“Kami selalu berkoordinasi dengan pemerintah desa dan kecamatan, termasuk dengan Polsek Pagentan. Sehingga jika terjadi hal yang tidak diinginkan, dapat segera bertindak,” katanya. (oel)

Komentar

komentar