CILACAP, SATELITPOST-Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cilacap akan mengusulkan pengadaan ambulans bagi seluruh desa di Cilacap. Hal ini dilakukan setelah beberapa saat lalu melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Jombang Provinsi Jawa Timur.

Wakil Ketua DPRD Cilacap, Adi Saroso mengatakan, kunjungan ke Jombang, karena di kabupaten tersebut memiliki Pendapatan Asli Daerah (PAD), APBD dan jumlah penduduk yang hampir sama dengan Cilacap.

 

“Apa-apanya hampir sama dengan Cilacap, PAD, maupun APBD, dan jumlah penduduk dan seterusnya. Yang berbeda pengelolaan keuangannya. Di Jombang ada 306 desa, dan masing-masing desa diberikan satu mobil unit APV untuk satuan tugas khusus,” ujar Adi, Jumat (9/6) kemarin.

 

Mobil tersebut dibentuk seperti ambulans, sehingga bisa digunakan membawa orang sakit atau orang akan melahirkan. Selain itu juga bisa digunakan untuk kegiatan lainnya. Intinya, untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

 

“Tidak hanya itu, tiga pilar desa, Kades, Babinkamtibmas, dan Babinsa dibelikan kendaraan satu-satu, sepeda motor. Jadi kalau ada kegiatan yang memerlukan kecepatan, dengan cepat pula direspon,” katanya.

 

Hal tersebut sangat bagus diterapkan, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Menurutnya Cilacap mampu melaksanakan hal tersebut, karena APBD Cilacap lebih besar dari Jombang.

Untuk payung hukumnya sendiri, kata dia, lebih baik dikonsultasikan ke pusat, agar tidak bertentangan dengan aturan.

 

“Cilacap mampu melakukan pengadaan sekaligus. Yang utama berani atau tidak, niat atau tidak, itu yang penting,” katanya.

 

Selanjutnya, Banggar akan meminta pemkab untuk mengusulkan, dan akan dibahas pada Banggar. “Ayo melu sing apik, aja melu sing elek,” ujarnya. (ale)

Komentar

komentar