Produk Cilacap Tampil di Trade Expo Indonesia

Berita Logo (Mbangun Cilacap) DIKASIH LOGO MBANGUN CILACAP

CILACAP, SATELITPOST-Pemerintah Kabupaten Cilacap patut berbangga dengan banyaknya produk kerajinan yang dihasilkan oleh masyarakat. Produk-produk itu mampu mendongkrak perekonomian para pelaku usaha kecil menengah tersebut.

Di antara sekian banyak produk usaha kecil menengah (UKM) tersebut yakni kerajinan eceng gondok produksi Rizki Kelipuk dari Kecamatan Kawunganten dan produk konveksi Sukun Fashion Art.  Dua produk tersebut pun bakal mendapatkan kesempatan promosi di Trade Expo Indonesia Tahun 2017. Kegiatan tersebut akan diselenggarakan di Indonesian Convention Exhibition Bumi Serpong Damai, Kota Tangerang Provinsi Banten, Oktober mendatang.

Sekretaris Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Cilacap, Marsono menjelaskan, dua produk terpilih ini, mendapat pendampingan dalam program Designer Dispatch Service (DDS). Tujuannya agar desain produk UKM lebih menarik dan menghasilkan purwa rupa produk ekspor yang berdaya saing di pasar global.

Nantinya, kata dia, kerajinan eceng gondok Rizki Kelipuk dan Sukun Fashion Art dalam waktu dekat juga akan ditampilkan dalam pameran tingkat Internasional di China. “Memang sebelumnya banyak sekali pelaku UKM yang tertarik ikut pameran di Bangkok, Jerman, dan China. Namun tidak semuanya bisa ikut. Kami berharap mereka yang sudah ikut, bisa mengekspor produknya,” katanya.

Ia menambahkan, sebelumnya pada 2016, produk kerajinan bambu Raja Serayu dari Cilacap juga telah lolos mengikuti pameran di Trade Expo Indonesia di Jakarta melalui program DDS. Hasilnya pada awal 2017 lalu, Raja Serayu telah mengekspor produknya berupa Laundry Basket ke Riyadh, Saudi Arabia.

Menurutnya, kesuksesan program DDS 2016 ini perlu ditindaklanjuti, agar UKM unggulan lain di Cilacap makin berkembang. Tahun ini pihaknya juga kembali mengalokasikan anggaran untuk pelaksanaan DDS 2017 bekerjasama dengan desainer produk nasional yang telah diseleksi Kementerian Perdagangan. “Kegiatan ini merupakan peluang yang sangat baik untuk menjajaki kesempatan membuka pasar internasional,” katanya. (ron)

Komentar

komentar

BAGIKAN