JOHANN ZARCO. ILUSTRASI

BARCELONA, SATELITPOST-Pebalap MotoGP dari tim Monster Yamaha Tech 3, Johann Zarco, berambisi untuk meraih podium keduanya pada musim 2017 saat GP Catalunya akhir pekan ini.

Pebalap asal Perancis itu, menatap GP Catalunya dengan optimistis. Ia sedang mempersiapkan diri sebaik mungkin agar dapat meraih hasil positif di Circuit de Barcelona-Catalunya, Montmelo.

“Seri di Circuit de Barcelona-Catalunya sebentar lagi akan bergulir. Lintasannya bagus dan cuaca tampaknya akan panas,” kata Zarco seperti dilansir kompas.com dari motogp.com.

“Tata letak sirkuit ini mengalami perubahan sejak terjadinya kecelakaan mengerikan pada tahun lalu. Konsekuensinya, kecepatan di sirkuit ini akan lebih lambat,” ujar dia.

Kecelakaan yang dimaksud Zarco merujuk kepada tragedi yang dialami pebalap Moto2 asal Spanyol, Luis Salom. Ia meninggal dunia setelah terjatuh di tikungan 12 saat menjalani sesi latihan bebas kedua.

Zarco juga punya kenangan manis di Barcelona. Ia pernah menjadi juara di sana pada 2015 dan 2016, ketika masih berkiprah di kelas Moto2.

“Tim dan saya perlu mengatur motor dengan baik. Kami harus bekerja dan membuat keputusan terkait ban, Kamis (8/6),” ujar Zarco.

“Dengan pengalaman yang saya dapatkan di Sirkuit Mugello (GP Italia, akhir pekan kemarin), sepertinya saya bisa lebih baik dalam mengendarai motor (Yamaha YZR) M1 dan berusaha sedekat mungkin ke podium,” kata dia.

Pada balapan sebelumnya di Sirkuit Mugello, Zarco hanya finis di urutan ke-7. Ia start dari urutan ke-11.

Nama Zarco terus menjadi perbincangan karena performanya tergolong apik meski baru menjalani tahun pertamanya di kelas MotoGP.

Ia pernah naik podium kedua saat balapan GP Prancis (21 Mei 2017). Zarco pun berharap bisa mengulangi prestasi serupa pada GP Catalunya.

Kini, Zarco berada di urutan ke-6 klasemen sementara pebalap MotoGP 2017 dengan raihan 64 poin.

“Kami pernah mencapainya (podium) di Perancis, sehingga saya akan tetap menjaga fokus saya untuk mengumpulkan poin sebanyak mungkin,” ujar dia.

GP Catalunya akan dimulai dengan sesi latihan bebas pertama yang bergulir pada, Jumat (9/6) pukul 09.55 waktu setempat atau 14.55 WIB. ([email protected])

Komentar

komentar