BARCELONA, SATELITPOST-Pebalap Ducati Team, Andrea Dovizioso, meraih kemenangan keduanya musim ini setelah finis di urutan pertama pada balapan GP Catalunya di Circuit de Barcelona-Catalunya, Montmelo, sebagaimana diberitakan kompas.com, Minggu (11/6).

Bagi Dovizioso, ini merupakan kemenangan keduanya musim ini setelah pekan lalu menjuarai balapan GP Italia di Sirkuit Mugello.

Finis di urutan kedua pada balapan 25 putaran ini adalah Marc Marquez (Repsol Honda Team). Rekan satu timnya, Dani Pedrosa, menyusul finis di urutan ketiga.

Drama sudah terjadi saat start dilakukan. Danilo Petrucci (Octo Pramac Racing) yang start dari posisi ketiga dan berada di baris paling kanan menyeberang ke sisi kiri lintasan.

Dia bersenggolan dengan Marquez yang start dari posisi keempat atau di baris paling kiri.

Keduanya bertahan dan bisa melanjutkan balapan. Marquez melesat dan naik ke urutan ketiga di belakang Pedrosa dan Jorge Lorenzo (Ducati Team).

Di tikungan 5, Lorenzo naik memimpin balapan dengan melewati Pedrosa. Lap pertama berakhir dengan Lorenzo memimpin di depan Pedrosa dan Marquez.

Pada lap kedua, Marquez berhasil melewati Pedrosa. Lorenzo masih memimpin, sementara Dovizioso yang memulai balapan dari posisi start ketujuh sudah berada di urutan keempat.

Posisi keempat pebalap tersebut tidak berubah hingga akhir lap kelima. Di tikungan 10 lap ke-6, Marquez dan Pedrosa secara berurutan melewati Lorenzo.

Tak berselang lama, Dovizioso menggeser Lorenzo ke uruan keempat.

Lap ke-6 berakhir dengan Marquez memimpin, diikuti Pedrosa, Dovizioso, Lorenzo, dan Jonas Folger (Monster Yamaha Tech3).

Pada awal lap ke-8, Pedrosa berhasil melewati Marquez dan memimpin balapan. Masih pada lap yang sama di tikungan 10, Marquez turun ke urutan ketiga setelah dilewati Dovizioso.

Pada akhir lap ini, Pedrosa memimpin dan di belakangnya ada Dovizioso, Marquez dan Folger. Sementara itu, Valentino Rossi (Movistar Yamaha MotoGP) berada di urutan ke-8.

Rekan satu tim Rossi, Maverick Vinales, masih tercecer di luar 10 besar. Dia start dari posisi ke-9.

Dovizioso terus menempel Pedrosa. Marquez pun tak jauh dari keduanya. Folger bertahan di urutan keempat, sedikit terpisah dari ketiga pebalap di depan.

Di urutan kelima ada Petrucci yang membalap sendirian. Sementara itu, Lorenzo dan Rossi bersaing memperebutkan posisi ke-8.

Pada awal lap ke-17, perubahan posisi kembali terjadi. Dovizioso berhasil melewati Pedrosa di lintasan lurus start/finis dan berganti memimpin balapan.

Dovizioso langsung bisa membuka jarak dari Pedrosa dan Marquez. Di tikungan 4 lap ke-18, Marquez menggeser Pedrosa ke urutan ke-3.

Folger bertahan di uruan keempat, sementara Petrucci masih sendiri berada di urutan kelima.

Lorenzo, Johann Zarco (Monster Yamaha Tech3), dan Alvaro Bautista (Aspar Team) bersaing ketat memperebutkan tempat keenam.

Dovizioso, Marquez, dan Pedrsoa masih bertahan di depan. Memasuki lima putaran terakhir, mereka mulai terpisah sendiri-sendiri.

Sementara itu, perubahan besar terjadi di belakang mereka. Pada akhir lap ke-22, sebelum memasuki tiga lap terakhir, Lorenzo naik ke posisi keempat dengan melewati Folger dan Petrucci.

Balapan Petrucci berakhir lebih awal. Dia jatuh di tikungan 5 pada lap ke-24 atau dua putaran terakhir.

Di depan, Dovizioso bertahan di urutan pertama hingga balapan berakhir. Dia meraih kemenangan kedua secara beruntun.

Marquez dan Pedrosa menyusul finis di urutan kedua dan ketiga. Lorenzo membuat kubu Ducati semakin bahagia setelah menyelesaikan balapan dengan finis di urutan keempat.

 

Klasemen Sementara

Dengan raihan pada balapan balapan GP Catalunya, Dovizioso kini hanya terpaut tujuh poin dari sang pemuncak klasemen sementara, Maverick Vinales (Movistar Yamaha MotoGP).

Vinales finis di urutan ke-10 pada balapan GP Catalunya dan hanya mendapatkan tambahan 6 poin. (dedyafrengki@yahoo.co.id)

Komentar

komentar

LEAVE A REPLY