2302_pemindahan_kabel_listrik_pln

JAKARTA, SATELITPOST – Konsumen listrik rumah tangga harus bersiap merogoh dompet lebih dalam. Mulai 1 Mei ini, PLN menaikkan tarif listrik untuk golongan daya 900 watt. Ini merupakan kenaikan tahap kedua yang diberlakukan.

Seperti diberitakan Tribunnews.com, Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengatakan, kenaikan tarif listrik ini dilakuakan, karena pada kenaikan tahap pertama, tidak ada gejolak yang cukup berarti di tangan konsumen. Tarif listrik ini masih akan naik pada tahap ketiga. Keputusan PLN berangkat dari permintaan pemerintah, untuk memangkas dana subsidi listrik.

Sebelumnya, menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan pencabutan subsidi 900 VA akan dialihkan untuk mengaliri listrik di 2.500 desa yang belum teraliri listrik. Menurutnya, pencabutan subsidi untuk meningkatkan elektrifikasi yang sudah meningkat 88 persen.

“Ke mana itu dibikin, 2.500 desa yang belum berlistrik, elektrifikasi dari 88 persen itu bisa sampai 97 persen di 2018. Itu kita buat, pemerintah sangat memperhatikan pemerataan. Kita tidak bicara pertumbuhan saja, tetapi juga harus ada pemerataan,” ujar Luhut di Kantornya, Jakarta, Senin (9/1) seperti diberitakan Tribunnews.com.

Dijelaskan olehnya, pemerintah menargetkan 2018 mendatang elektrifikasi bisa mencapai 97 persen. Ia mengatakan kebijakan ini untuk meningkatkan pemerataan sehingga semua wilayah di Indonesia bisa teraliri listrik. ([email protected])

Komentar

komentar