SatelitPost Sadewo Tri Lastiono
Sadewo Tri Lastiono

PURWOKERTO, SATELITPOST-Polemik PLTPB Baturraden dinilai harus segera diselesaikan agar tidak meluas. Hal ini diungkapkan oleh Sadewo Tri Lastiono, pebisnis asal Banyumas yang memimpikan Banyumas ramah investasi.

Sadewo mengatakan, satu cara yang bisa diambil adalah dengan menyederhanakan akar permasalahan PLTPB Baturraden. Satu di antaranya adalah dengan menunjuk satu konsultan AMDAL Professional untuk melakukan kajian terkait proyek tersebut.

“Konsultan tersebut nantinya kita minta untuk melakukan kajian AMDAL ulang atas rencana eksploitasi panas bumi di Baturraden tersebut,” ujar Sadewo.

Kajian ini menurutnya merupakan sesuatu yang penting. Sebab, hasil kajian tersebut nantiya bisa dijadikan acuan bagi pemerintah provinsi terkait langkah apa yang akan diambil untuk mengatasi polemik tersebut.

Pria yang akrab disapa Dewo ini mengatakan, masyarakat sekaran ini sebenarnya maklum dengan perkara lingkungan yang berkaitan erat dengan AMDAL. Sebab, selama ini, AMDAL terkadang kerap disesuaikan dengan kebutuhan. “Ya hasil kajiannya kadang-kadang ‘disesuaikan’,” ujar dia.

Ia menyebutkan, upaya tersebut agaknya bisa dijadikan sebuah cara utama untuk menyelesaikan polemik PLTPB. “Bagiamanapun juga, menyelesaikan masalah itu harus dari akarnya. Dengan begitu semua persoalan akan tuntas,” ujar pria yang juga dikenal sebagai Politisi Muda Banyumas ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, polemik terkait PLTPB muncul lantaran banyaknya penolakan dari publik atas rencana tersebut. Aksi demi aksi digelar masyarakat untuk menyuarakan penolakan. Belakangan, aksi-aksi ini bahkan mulai berbuntut pada masalah hukum. Yakni, setelah terjadi kekerasan terhadap sejumlah demonstran dan wartawan.(pan)

Komentar

komentar

BAGIKAN