Hadi Sechan, Pemilik Penjahit Luwes

Ajarkan Menjahit

Menekuni profesi menjahit tidak bisa dikatakan mudah. Ketekunan, ketelitian serta kesabaran menjadi modal utama. Karena, detail baju bisa mencerminkan orang yang memakainya. Untuk itu, perlu diselaraskan dari mulai ukurannya, modelnya, bahkan kombinasi warna juga harus diperhatikan.

“Busana dapat mencerminkan yang memakainya. Sehingga detailnya harus dipadupadankan dengan yang mengenakan. Agar luwes di pandang,” kata dia.

Hal-hal tersebut juga seringkali diajarkan Hadi kepada siapa saja yang berminat dalam dunia tata busana. Termasuk kepada anak didiknya. Pernah menjadi instruktur karena tempatnya menjadi tempat magang siswa, dia pun dengan telaten mengajari. Mulai dari membuat pola, memotong bahan, proses jahit hingga finishing.

“Kalau ada yang belum paham, saya ajari. Alhamdulillah, ada beberapa yang telaten sehingga mereka bisa¬† menjahit dengan kualitas hasil jahitan yang rapi,” ujarnya.

Bahkan, Hadi sangat membuka kesempatan bagi anak didiknya yang ingin mencari penghasilan dengan ikut mengerjakan pekerjaanya.”Biasanya kalau musim siswa baru, banyak orderan. Dari situ mereka bisa belajar dan mencari penghasilan meskipun hasilnya tidak banyak,” katanya. (Ind)

Komentar

komentar

BAGIKAN