BUPATI Banjarnegara melepas burung sebagai tanda turut menjaga kelestarian burung di Alun-alun Banjarnegara, Minggu (12/11).

BANJARNEGARA,SATELITPOST-Ribuan pencinta burung berkicau tumpah di Alun-alun Banjarnegara, Minggu (12/11) kemarin. Mereka mengikuti Festival dan Lomba Burung Bupati Cup Banjarnegara.

Banyaknya peserta membuat lomba berlangsung hingga malam hari. Antusiasme peserta yang tinggi pun membuat pemerintah menaruh harapan besar pada agenda ini. Paling tidak, sebagai awalan sudah muncul ide untuk memasukkan kegiatan tersebut dalam agenda tahunan dan kalender wisata Banjarnegara.

“Lomba Burung Berkicau Piala Bupati ini saya harapkan bisa menjadi agenda tahunan yang bisa menjadi aset dan mendukung pariwisata Banjarnegara,” kata Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono.

Bupati juga meminta pada para pencinta burung berkicau untuk ikut menjaga dan melestarikan burung yang saat ini sudah mulai punah. Bisa  melalui penangkaran atau jenis pelestarian lainnya.

“Melalui inisiatif para pehobi dan penangkar burung inilah saya berharap kita mampu mempertahankan dan meregenerasi burung di habitat aslinya, sehingga nantinya mampu terjaga kelestarian dari kepunahan,” katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Banjarnegara, Dwi Suryanto menambahkan, Festival dan Lomba Burung Berkicau Piala Bupati Banjarnegara kemarin merupakan even ketiga. Lomba ini sudah digelar sejak tahun 2015 lalu.

“Kami akan terus support even ini, karena dari jumlah peserta juga terus meningkat. Apalagi diadakan di pusat kota, pasti akan diburu peserta dari luar kota Banjarnegara,” ujarnya.

Menurutnya, tingginya minat peserta juga akan dimanfaatkan pemkab sebagai ajang untuk mengenalkan berbagai potensi Banjarnegara. Terutama bagi perajin aksesoris dan penangkar burung.

“Dari sisi ekonomi jelas akan berpengaruh kepada pengrajin dan penjual aksesoris burung, belum lagi dari produk UMKM yang ditawarkan. Tahun depan akan kami tingkatkan dari sisi kualitas dan sisi manfaat event ini,” ujar dia.

Ketua Pelaksana kegiatan Dika Bramantya mengatakan, jumah peserta Festival dan Lomba Burung Berkicau Piala Bupati Banjarnegara hampir mencapai 1.500 peserta. Angka ini melampaui  jumlah perkiraaan peserta.

“Sebenarnya, kami hanya menargetkan 800 peserta, namun ternyata peminatnya hampir dua kali lipat jumlahnya,” katanya.

Peserta yang hadir pada Festival dan lomba burung berkicau piala bupati Banjarnegara tahun 2017 ini datang dari berbagai daerah, seperti dari lingkup karesidenan Banyumas, Wonosobo, Surabaya, Bekasi, Jogjakarta, bahkan dari Samarinda. ([email protected])

Komentar

komentar