KEBASEN, SATELITPOST-Sedikitnya 37 Anggota Linmas dari Desa Adisana mengikuti pelatihan untuk meningkatkan kualitas mereka sebagai pengayom publick. Pelatihan ini dipusatkan di Kantor Desa Adisana, Selasa (5/9) lalu. Dalam pelatihan ini, para anggota Linmas mendapatkan materi terkait beberapa hal yang penting untuk diketahui.

Antara lain, keamanan dan penanganan bencana alam. Pelatihan ini diberikan agar nantinya, Linmas dapat bekerjasama dengan pemerintah desa dan Kepolisian dalam menjaga keamanan. Selain itu, di masa depan, Linmas juga diharapkan mampu menjalankan fungsi sebagai pelopor taat hukum bagi masyarakat.

Kapolres Banyumas AKBP Azis Andriansyah SH SIK MHum melalui Kapolsek Kebasen AKP Suprijadi SH mengatakan, pembentukan dan pelatihan Linmas adalah wujud dasar bela negara dalam memelihara Kamtibmas. Khususnya, di lingkungan desa serta yang merupakan tingkat paling dekat dengan warga.  “Kita harap, setelah menjalani pelatihan ini, Linmas dapat mengerti dan mengabdi lebih besar ke masyarakat. Khususnya, terkait kebencanaan dan penjagaan Kamtibmas,” kata dia.

Ia juga mengatakan, dengan dilaksanakanya kegiatan ini diharapkan dapat tercipta situasi lingkungan wilayah Desa Adisana yang aman dan tenteram. Selain itu, anggota Linmas juga diharapkan mampu menjadi penyampai informasi terkait kamtibmas dan kebencanaan bagi warga desa.

Sementara itu, Koordinator Relawan BPBD Banyumas, Kusworo sebelumnya juga mengatakan, untuk sector kebencanaan, peserta mendapatkan bermacam materi. Antara lain, terkait kesiapsiagaan terhadap bencana dan materi terkait pendirian tenda. (pan)

Komentar

komentar

BAGIKAN