PURBALINGGA, SATELITPOST-Kekosongan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Purbalingga akan segera diisi. Bupati Purbalingga, Tasdi sudah merencanakan hal tersebut akan mulai dilakukan usai lebaran.

“Jabatan kosong akan segera kami isi setelah lebaran, atau setelah penetapan Perubahan APBD 2017 mendatang,” kata Tasdi, ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Empat posisi yang kosong yakni Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kepala Satpol PP, Kepala Dindukcapil, dan Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan. Mempersiapkan rencana tersebut, Pemkab akan segera melakukan koordinasi dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN). “Kami akan koordinasi dengan ASN, khususnya terkait lelang jabatan. Penetapan Perubahan APBD 2017, dijadwalkan tanggal 23 Juni 2017,” ujarnya.

Dia menambahkan, untuk persiapan lelang jabatan, Pemkab akan segera berkoordinasi dengan Komisi ASN guna meminta izin dan menyiapkan pihak ketiga untuk pelaksanaan tahapan seleksi fit and proper test. Karena, dengan pengisian jabatan yang saat ini kosong, nantinya akan berpengaruh pada posisi yang lainnya.

“Dengan pengisian jabatan eselon II b yang kosong, secara otomatis akan diisi dari pejabat di bawahnya, demikian pula pejabat yang ditinggalkan itu juga akan kosong, dan secara berjenjang diisi dari pejabat lainnya, bisa promosi maupun mutasi,” kata Tasdi.

Diketahui, empat posisi jabatan yang kosong yakni jabatan eselon II Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP), Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil), dan jabatan Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan. Jabatan kepala DLH ditinggal pensiun oleh Drs Ichda Masrianto MKes awal Mei lalu, sedang jabatan staf ahli bupati bidang pemerintahan kosong karena pejabat lama Drs Pratikno Widiarso MSi meninggal dunia. Sementara dua jabatan lain eselon II b yang kosong masing-masing Dindukcapil dan Satpol PP belum diisi sejak lelang. “Selain pengisian kekosongan jabatan, juga akan dilakukan evaluasi pada Struktur Organisasi dan Tata Kerja (STOK), Organisasi Perangkat Daerah (OPD),” kata dia.

Berdasar catatan, pengisian jabatan terakhir dilakukan pada 3 Januari 2017 yang ditandai dengan pelantikan 739 pejabat. Pelantikan itu menyesuaikan dengan OPD baru yang mendasarkan PP 18/2016 tentang Perangkat Daerah. Saat pelantikan itu, ada dua jabatan yang dibiarkan kosong meski telah dilakukan lelang jabatan pada akhir Desember 2016. Dua jabatan itu Kepala Dindukcapil dan Kepala Satpol PP.

Kekosongan pejabat definitif Dindukcapil saat ini dijabat Plt Drs Rusmo Purnomo yang saat ini menjabat sekretaris di dinas itu. Sedang pelaksana tugas Satpol PP sudah dua kali diganti, sebelumnya R Imam Wahyudi SH MSi (AsistenPemerintahan), dan saat ini dijabat Drs Widiyono MSi (Asisten Administrasi). (min)

 

Komentar

komentar