PURWOKERTO, SATELITPOST-Sebanyak 640 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) siap menjalani masa magang‎ sebagai calon guru di sekolah-sekolah.

Rektor UMP, Syamsuhadi Irsyad mengatakan, UMP berdiri dari sebuah institut keguruan. Karena itu, hingga saat ini UMP selalu memberikan andil dalam pengembangan pendidikan di sekolah.

“Di FKIP ada sekitar 4 ribu calon guru yang sedang ditempa menjadi tenaga pendidik yang profesional,” kata dia.

‎Untuk semakin meningkatkan kualitas tenaga pendidik, UMP menurut dia terus merancang kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan saat ini dan yang akan datang. Satu di antaranya melalui program magang 1, 2 dan 3.

“Saya bangga kepada UMP yang dapat mewujudkan cita-cita Nyai Ahmad Dahlan yang memperjuangkan hak-hak wanita. Sehingga 491 mahasiswi ini dapat berdiri berdampingan dengan 149 mahasiswa untuk menjadi calon guru,” katanya.

Program magang 3 tersebut menurut dia akan dilakukan di 61 sekolah di Kabupaten Banyumas. Sekolah yang ditempati pun merupakan sekolah berkualitas dan ‎menjadi sekolah favorit. Baik jenjang SMP maupun SMA. “Program Magang ini wajib diikuti seluruh mahasiswa dari 9 Program Studi di FKIP,” katanya.

Menurutnya, selama satu bulan ke depan, mahasiswa peserta program magang akan menjadi asisten guru pamong. Bukan lagi membantu proses belajar mengajar.‎ (alf)

Komentar

komentar

BAGIKAN