SUMBANG, SATELITPOST – Babinsa Desa Karangcegak Koramil 05/Sumbang Serda Karso bersama Bhabinkamtibmas, Kades Karangcegak Ismanto SPt, Kepala Puskesmas Sumbang I Bambang Budiono, M  Kes, Bidan Desa Karangcegak serta PKK Desa Karangcegak  penilaian Lomba PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) tingkat Kabupaten, Rabu (06/09).

Sementara itu, Ketua tim penilai PHBS Dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas  menyebutkan, bahwa untuk mengubah pola kebiasaan masyarakat agar senantiasa berprilaku hidup bersih dan sehat tidak semudah membalikkan telapak tangan, karena dibutuhkan waktu yang cukup lama. “Persiapan Desa Karangcegak dalam menghadapi lomba ini telah lama dilaksanakan, hal ini terlihat dari perilaku hidup sehat yang telah dilakukan warga desa ,” ujar Ismanto.

Lebih jauh, Ismanto mengatakan, bahwa perilaku hidup sehat di masyarakat dapat dilihat dari halaman rumahnya, dimana dimanfaatkan dengan maksimal dengan tanaman yang mendukung kesehatan. Halaman warga dimanfaatkan dengan menanam tanaman obat dan sayur yang dapat menjadi sarana ketahanan gizi.

“Tim penggerak PKK Desa selama ini juga turut aktif dalam mendukung pola hidup sehat dalam masyarakat, sehingga dapat menurunkan angka kematian ibu dan bayi, menurunkan angka gizi buruk yang nantinya akan berdampak pada kualitas generasi yang akan datang menjadi lebih baik,” harap Bp Kades. (dil)

Komentar

komentar

BAGIKAN