POLISI Bekuk pencuri motor

BANJARNEGARA, SATELITPOST-Polres Banjarnegara berhasil menangkap dua pelaku pencurian sepeda motor di halaman ruko di kawasan Kelurahan Parakancanggah Kecamatan Banjarnegara, Senin (24/4) pekan lalu.

Kejadian tersebut bermula ketika Sana, warga Desa Tlagawera yang menjadi korban pencurian, berangkat ke ruko tempatnya bekerja. Seperti biasanya, dia selalu memarkirkan sepeda motor Yamaha Vega miliknya di halaman ruko.

Dasar apes, sepeda motor yang diparkirkannya dengan kunci setang dan berjarak hanya 40 meter dari tempatnya bekerja, tetap digondol maling.

Pada sore harinya, Muntoha, rekan kerja korban, melihat sepeda motor motor warna merah milik Sana sedang dikendarai orang tak dikenal. Dia pun langsung melakukan pengejaran bersama beberapa warga yang diberitahunya bahwa motor tersebut hasil curian. Pelaku akhirnya tertangkap dan langsung digelandang ke Mapolsek Banjarnegara.

Kapolsek Banjarnegara, AKP Nyoman Sudarjana memberikan apresiasi kepada warga yang sigap meringkus pencuri sepeda motor tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi masyarakat karena telah berperan serta menjaga kamtibmas dan tidak main hakim sendiri kepada pelaku pencurian,” ujarnya, sebagaimana dirilis di laman resmi Polres Banjarnegara.

Pelaku yang kemudian diketahui berinisial JA, tercatat sebagai warga Desa Plodongan Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Wonosobo. Pemuda 22 tahun ini, ditangkap berikut barang bukti kejahatannya berupa sebuah kunci T bersama sepeda motor Yamaha Vega warna merah.

Setelah dilakukan penyelidikan lebih lanjut, Satreskrim Polres Banjarnegara dibawah pimpinan Kasat Reskrim, AKP T. Sapto Nugroho juga berhasil menangkap RU, rekan pelaku.

RU yang berjualan cilok ini, melakukan aksi pencurian sepeda motor bersama JA. Namun pada saat penangkapan oleh warga, ia berhasil kabur.

Menurut keterangan JA kepada Polisi, ia melakukan aksinya bersama dua orang rekannya, yaitu RU dan seorang lainnya yang masih dalam pengejaran Polisi.

JA adalah residivis yang sudah melakukan tiga perbuatan pidana, satu kejadian di Wonosobo dan dua kejadian di Banjarnegara.

“JA ini baru dua bulan keluar dari penjara, tapi masih mengulangi perbuatannya mencuri sepeda motor. Karena perbuatannya, JA dan RU dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara,” ujar Kasat Reskrim Polres Banjarnegara. (enk)

Komentar

komentar