Petugas BPBD Kabupaten Banyumas melakukan dropping air bersih untuk warga di erumahan Pamujan, Kelurahan Teluk, Kecamatan Purwokerto Selatan Rabu (7/6). SATELITPOST/ANANG FIRMANSYAH

PURWOKERTO, SATELITPOST-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas melakukan droping air bersih di Perumahan Pamujan RT 6 RW 10, Kelurahan Teluk, Kecamatan Purwokerto Selatan. Di wilayah tersebut 150 Kepala Keluarga (KK) tidak mendapatkan pasokan air bersih, Rabu (7/6).

“Kemarin itu ada permintaan sekitar 150 KK tidak mendapatkan air, karena pompanya rusak atau airnya tidak mengalir, sehingga kita lakukan droping,” ujar Kusworo, Komandan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Banyumas.

Droping dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari menggunakan dua unit truk pengangkut air yang memiliki kapasitas tanki mencapai 5.000 liter. “Kita lakukan bolak-balik, mudah-mudahan air tersebut mencukupi warga wilayah tersebut,” kata dia.

Untuk prosedur permintaan droping air bersih, menurut Kusworo tidak begitu sulit. Masyarakat hanya perlu membuat surat melalui pihak kelurahan ataupun desa, kemudian diserahkan kepada Bupati Banyumas dengan tembusan ke BPBD.

“Setelah itu kami survei kondisi di lapangan, berapa KK yang membutuhkan, kemudian baru kita lakukan droping. Kita tidak ada minimal berapa KK yang berhak menerima, jika masyarakat membutuhkan kita langsung lakukan droping,” ujarnya.

Menurut Kusworo pada musim kemarau tahun lalu ada 54 desa menjadi langganan droping air bersih. Desa -desa tersebut ada di Kecamatan Tambak, Sumpiuh, Somagede, Purwojati, Rawalo, Jatilawang, Cilongok, Ajibarang, dan Pekuncen. ([email protected])

Komentar

komentar