KETUA DPC PPP Banyumas kubu Gus Romi Akomadhien Sofa bersama Ketua DPC PDIP Banyumas dr Budhi Setiawan saat deklarasi Pilkada Banyumas 2018 di Hotel Java Heritage Purwokerto, Senin (8/1).SATELITPOST/AULIA ELHAKIM

PURWOKERTO, SATELITPOST-DPC PDIP Pejuangan Banyumas tidak mempermasalahkan pernyataan dan manuver politik Ketua DPC PPP Banyumas kubu Gus Romi, Akomadhien Sofa (Gus Akom). Gus Akom sempat merapat ke pasangan Husein-Dewo sebelum akhirnya memilih mengamankan rekomendasi PPP yang turun kepada Mardjoko-Ifan Haryanto. PDIP percaya, basis massa kekuatan PPP tetap bersama pasangan Husein-Sadewo.

“Rekomendasi ada di kubu sebelah. Ada di sana orangnya (Gus Akom). Tapikan hatinya kan ada di sini, basis massanya bersama kami,” kata Ketua DPC PDIP, dr Budhi Setiawan.

Ia mengatakan, saat deklarasi Husein-Sadewo, Ketua DPC PPP Banyumas mendukung Husein-Sadewo. Menurutnya, keinginan bergabung dengan Husein-Sadewo adalah suara dari basis massa PPP di Banyumas.

“Itu kan sudah jelas, PAC ada 22 yang mendukung Pak Husein. Media juga melihat sendiri saat deklarasi. Klaim atau apapun silakan saja, basis massa nyatanya bersama kami,” kata dia.

dr Budhi yakin Gus Akom dan 22 PAC PPP di Banyumas tetap bersama Husein-Sadewo. Hal ini menurutnya bisa dibuktikan dengan mengecek basis massa PPP apakah bersama Mardjoko-Ifan Haryanto atau dengan Husein-Sadewo. Ia tampak tenang saat dikonfirmasi terkait pernyataan Gus Akom yang lebih memilih berada di kubu Mardjoko-Ifan Haryanto.

“Tidak apa-apa, saya juga belum komunikasi lagi dengan Gus Akom. Tapi saya yakin massa PPP bersama kami, lihat saja di bawah. Atau kita lihat nanti hasil pilkada seperti apa,” kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Ketua DPC PPP kubu Romi, Gus Akom, mencuri perhatian dengan tindakannya yang terkesan tak konsisten.Mereka menghadiri deklarasi bakal pasangan calon Ir Achmad Husein-Sadewo Tri Lastiono dan memberikan dukungan kepada bakal paslon yang diusung PDI Perjuangan ini. Dua hari setelahnya, Kubu Akom banting setir. Ia menyatakan PPP (tidak seperti yang diberitakan kemarin, PDI Perjuangan, red) mendukung bakal pasangan calon Mardjoko-Ifan.

Gus Akom bahkan sempat mengatakan rekomendasi tidak penting saat menghadiri deklarasi Husein-Sadewo. Namun Gus Akom pada Kamis (11/1) berbalik arah. Ia mengatakan, perubahan sikap dilakukan untuk mengamankan rekomendasi DPP PPP ke Mardjoko-Ifan Haryanto.

“Yang terjadi kemarin saat pendaftaran dan deklarasi di PDIP itu hanya dinamika saja. Kami tetap berpegang pada keputusan DPP. Kami datang ke deklarasi itu Husein-Dewo karena menghormati undangan. Karena undanganannya kan masih atas nama koalisi partai yang lama, yakni koalisi Husein-Berbudi Pilkada 2013,” kata Gus Akom, Kamis (11/1) melalui sambungan telepon.

Berita ini sekaligus meluruskan pemberitaan sebelumnya terkait sikap politik PPP Banyumas kubu Romi. Sebelumnya terjadi kesalahan ketik yang semestinya PPP, namun ditulis PDIP. (auliaelhakim01@gmail.com)

Komentar

komentar

BAGIKAN