PURWOKERTO, SATELIPOST-Menjelang arus mudik Lebaran sejumlah kendaraan umum di Terminal Bulupitu Purwokerto dicek secara menyeluruh. Dari mesin hingga roda-roda kendaraan, Rabu (7/6).

Menurut Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Bulupitu Purwokerto, Hadi Suharto kegiatan yang dilakukan oleh pihaknya bersama dengan Dinhub Provinsi kemarin karena sudah menjadi aturan, di mana kendaraan yang hendak beroperasi harus dicek terlebih dahulu kelayakannya. “Jika ada yang tidak layak kami langsung larang untuk beroperasi,” ujarnya.

Pengecekan dilakukan dengan memantau bus jenis AKAP sebanyak 100 unit, AKDP 400 unit. “Per 1 januari kemarin untuk tiap-tiap terminal Tipe A yang sudah beralih status ke Kementrian Perhubungan itu setiap hari harus mengadakan ram cek (pemeriksaan kelayakan, red) baik administrasi ataupun teknis,” kata dia.

Namun, untuk arus mudik tersebut pemeriksaan dilakukan lebih intensif, dengan meneliti cela-cela pada kendaraan yang bepotensi menimbulkan ketidaknyamanan dalam bekendara. “Kalau tadi temuan kami ada lampu mudur yang tidak berfungsi, kemudian ban kendaraan yang tidak layak untuk digunakan. Kita tidak memperbolehkan orang-orang tersebut untuk beroperasi,” ujarnya.

Untuk ban vulkanisir yang digunakan oleh bus, menurut Hadi juga tidak diperbolehkan untuk beroperasi. “Ban vulkanisir itu kan memang tidak diperbolehkan baik depan maupun belakang. Itu peraturan dari kemeterian terkait kedalaman ban,” kata dia. (san)

Komentar

komentar