Mardjoko/Satelitpost dok
Drs. H. Marjoko, M.M

PURWOKERTO, SATELITPOST-Setelah PKB dan Golkar resmi menurunkan rekomendasi untuk pasangan Mardjoko-Ifan Haryanto, kini giliran empat parpol pengusung lain menyerahkan surat rekomendasi tersebut, Selasa (9/1). Surat rekomendasi dari enam Parpol sudah diterima pasangan Mardjoko-Ifan, dan akan dibawa ke KPU Banyumas hari ini, Rabu (10/1).

Alhamdulillah semua surat rekomendasi sudah di tangan kami, dari PKB, Golkar dan hari ini PAN, PKS, Gerindra serta PPP suratnya sudah sampai. Rekomendasi dari PPP diambil langsung oleh pak Wisnu Suhardono,” kata Ifan Haryanto, bakal calon wabup pasangan Mardjoko, Selasa siang (9/1).

Ifan Haryanto

Pasangan Mardjoko-Ifan Haryanto harus memastikan surat rekomendasi enam parpol pengusung mereka sampai di Purwokerto karena Mardjoko-Ifan Haryanto akan mendeklarasikan diri sekaligus mendaftar ke KPU sebagai Cabup dan Cawabub Banyumas 2018.

Sedangkan menurut Gerindra, rekomendasi dari mereka kepada pasangan Mardjoko-Ifan sengaja diturunkan di detik-detik akhir. Hal ini disampaikan Ketua Desk Pilkada Partai Gerindra, Adhi Wiharto.

“Kita keluar di akhir karena kita ingin memantapkan semua persiapan. Sebelum menurunkan rekomendasi, kami terlebih dahulu harus menunggu siapa yang akan dibawa Mardjoko sebagai pasangannya,” kata dia kepada SatelitPost.

Menurutnya, setelah mengetahui siapa yang menjadi pasangan Mardjoko, rekomendasi juga tidak serta-merta dikeluarkan. Sebab, jajarannya harus menjalin komunikasi intensif terlebih dahulu dengan partai-partai koalisi. “Setelah semua tahap itu terlewati, kita baru turunkan rekomendasi,” kata dia.

Menurut Adhi, rekomendasi untuk Mardjoko sebenarnya sudah dapat dipastikan turun setelah Gerindra menjalankan proses survei. “Dari awal, kita sudah kunci ke Mardjoko, 99 persen lah. Sisa satu persennya itu kita menunggu kepastian terkait siapa yang akan menjadi pendamping di Pilkada mendatang,” ujar dia.

Sedangkan rekomendasi dari PKS untuk Mardjoko-Ifan diambil Ketua DPC PKS Banyumas, Setya Ari Nugraha. Ia mengatakan, surat rekomendasi ditandatangani Ketua DPP PKS sejak 6 Januari 2018. “Tapi memang tidak langsung sampai ke DPC, kami mengambilnya terlebih dahulu,” kata dia.

Sedangkan rekomendasi dari PAN, diserahkan oleh Arif Harjanto, Ketua DPD PAN Banyumas pada Senin malam (8/1) kepada Ifan Haryanto. PAN sejak awal memang intens berinteraksi dengan Ifan Haryanto sejak awal bersama PKB dengan mengusung poros Kebangkitan dan Harapan. (kim)

Komentar

komentar

BAGIKAN