PURWOKERTO, SATELITPOST-Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas dikabarkan bakal mengambil langkah inovasi terkait pengamanan kendaraan umum jelang Lebaran tahun ini. Inovasi ini adalah penandaan terhadap kendaraan yang tidak layak jalan.

 

“Untuk menandai kendaraan yang layak jalan akan kami pasang stiker. Jadi saat arus mudik nanti, masyarakat bisa memilih sendiri mana kendaraan yang layak jalan atau tidak,” ujar Kasi Rekayasa Dan Prasarana Dishub Banyumas, R Hermawan kepada SatelitPost kemarin.

 

Menurutnya, penandaan ini akan dijadikan sebuah upaya pengamanan tambahan di samping pengawasan kendaraan yang juga  akan diperketat. Jika dijumpai kendaraan yang tidak layak jalan dalam pengawasan, maka Dishub juga akan memberikan larangan beroperasi. “Selain itu, kendaraan yang tidak layak jalan juga tidak boleh masuk ke Terminal Bulupitu,” kata dia.

 

Hermawan mengatakan, pengetatan pengawasan ini sudah mulai dilakukan oleh Dishub jelang Lebaran tahun ini. Selain di kawasan terminal, pengecekan juga rencananya akan dilakukan di beberapa titik jalan di Banyumas.

 

Ia menambahkan, ada beberapa poin yang akan menjadi objek pengecekan. “Selain kelengkapan dan surat kendaraan, dipantau juga sistim keamanan. Rem, kemudi, ban, lampu riting, kaca jendela, palu pemukul kaca, sampai alat pemadam api,” ujar dia.

 

Pengecekan pertama, lanjut dia, sudah dilakukan di Terminal Bulupitu. Pengecekan ini dilakukan bersama personel dari Kementerian Perhubungan. Upaya tersebut dilakukan Dishub untuk meningkatkan kenyamanan penumpang dan mengurangi potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas. (pan)

Komentar

komentar