PURWOKERTO, SATELITPOST-Polres Banyumas melaksanakan kegiatan Apel Siaga dalam rangka menyiapkan pasukan untuk melakukan penyegatan kepada masyarakat yang hendak menyampaikan aspirasi bela Rohingnya di Candi Borobudur, Magelang. Lebih dari 150 personil di siapkan untuk penyekatan ini, Kamis (7/9).

Waka Polres Banyumas, Kompol Malpa Malaccopo SH SIk MIk pada apel siaga tersebut memang difokuskan untuk penanganan siaga aksi bela Rohingnya. “Untuk wilayah Banyumas sampai saat ini memang tidak ada yang berangkat ke Candi Borobudur, maupun wilayah Magelang lainnya. Ini antisipasi saja, sesuai SOP,” ujarnya.

Untuk antisipasi tersebut, lebih dari 150 personil disiagakan, mereka akan ditempatkan di tiga titik lokasi penyekatan. “Seperti di Somagede, Sokaraja dan nanti mungkin kita geser ke pusatnya di Kemaren-Buntu,” kata dia.

Jika bertemu dengan orang-orang yang hendak menyampaikan aksi, Waka Polres meminta anggotanya untuk menghentikan laju kendaraan calon demonstran dan menggeledah barang-barang bawaannya. “Kemundian kita akan upayakan agar mereka bisa kembali pulang ke rumahnya masing-masing,” ujarnya.

Memang ada rencana untuk operasi penyegatan dilakukan pada hari ini. Namun, untuk jamnya pihaknya masih menunggu informasi yang pasti. “Untuk menyimpan tenaga dan kebetulan kita lagi banyak kegaitan, kita tunggu informasi A1 nya terlebih dahulu, kemudian baru kita intensifkan penyekatan,” kata dia.

Waka Polres memang mendapat informasi jika kemungkinan di luar wilayah Banyumas ada yang hendak berangkat ke Candi Borobudur melalui wilayah Kabupaten Banyumas, untuk hal itu pihaknya melakukan koordinasi dengan Polres lainnya. “Untuk lebih lanjutnya mengenai informasi ini silahkan konfirmasi ke Polda Jawa Tengah,” ujarnya.(san)

Komentar

komentar

BAGIKAN