BHABINKAMTIBMAS menghadiri Musrenbang di Desa Tipar, Kecamatan Rawalo, Banyumas, Senin (13/11).

RAWALO, SATELITPOST-Polisi mendapatkan tugas khusus untuk mengawasi pengelolaan dana desa di tingkat bawah. Hal ini membuat jajaran penegak hukum tersebut aktif berpartisipasi dalam kegiatan desa.

Contoh nyata tindakan aktif polisi dalam pengawalan pengelolaan dana desa baru-baru ini terjadi di Desa Tipar, Kecamatan Rawalo, kemarin (13/11). Saat itu, Bhabinkamtibmas Polsek Rawalo, Aiptu Slamet Subarjo diturunkan untuk menghadiri Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPD) Tipar.

Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun SIK melalui Kapolsek Rawalo AKP Sumidi mengatakan, Bhabinkamtibmas selalu menghadiri dan mengikuti setiap kegiatan masyarakat. Hal ini dilakukan guna mengetahui situasi dan kondisi serta rencana masyarakat ke depan desa binaannya.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Polsek Rawalo Aiptu Slamet Subarjo menjelaskan tujuan Musrenbang untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPD) Tipar tahun 2018. Dalam kegiatan tersebut dilakukan pula penyerapan aspirasi masyarakat.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan dihadiri Kades dan Perangkat Desa, Ketua LMD/BPD, Ketua RT/RW, Ketua PKK, Ketua Karang Taruna, dan tokoh masyarakat. Jumlah yang hadir dalam agenda tersebut mencapai 120 orang.

Dalam kegiatan tersebut, selain hadir dan memantau jalannya kegiatan, Bhabinkamtibmas juga menyempatkan diri untuk menyampaikan pesan kamtibmas kepada peserta Musrenbang. “Ketua RT supaya melaksanakan ronda secara rutin guna mewujudkan lingkungan yang aman dan kondusif,” ujar dia.(pan)

Komentar

komentar

BAGIKAN