CILACAP, SATELITPOST-Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cilacap mengintensifkan terjun ke lapangan, untuk memantau langsung pembangunan yang ada di wilayah Cilacap. Dari ratusan proyek pembangunan atau pekerjaan yang dilaksanakan di Cilacap, minimal ada sekitar 20 persennya ditinjau langsung.

“Komisi C lebih mengintensifkan kegiatan ke lapangan. Tujuannya agar bisa memantau langsung apa yang sudah dianggarkan dan direncanakan sesuai dalam pelaksanaan. Itu juga menjadi bahan evaluasi kami terhadap dinas, pada saat melakukan evaluasi tahunan,” ujar Ketua Komisi C DPRD Cilacap, Sindy Syakir.

Proyek pembangunan yang dicek ke lapangan ini, kata dia, dilakukan secara acak. Sehingga baik dinas atau pelaksana pekerjaan tidak melakukan persiapan terlebih dahulu.

Menurutnya, pemantauan di lapangan pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya, pada saat PK, Komisi C akan disodorkan oleh UPT ada berapa jumlah pekerjaan yang sedang dilaksanakan. Kemudian dari UPT dan dinas akan menentukan titik-titik pekerjaan mana saja yang akan dilakukan pengecekan.

“Kalau di tahun sebelumnya  peninjauan ditentukan oleh dinas, tahun ini kita yang menentukan secara acak. Sengaja, untuk shock terapi, agar tidak ada persiapan,” katanya.

Hal ini, kata dia, dilakukan untuk mengevaluasi apakah perencanaan yang sudah dibuat bisa dilaksanakan dengan baik di lapangan. Pasalnya, banyak faktor selain perencanan yang membuat pekerjaan tersebut tidak dilaksanakan dengan baik, satu di antaranya faktor alam.

Dari hasil pengawasan yang sudah dilakukan, Komisi C akan memberikan rekomendasi kepada dinas sebagai eksekutor, untuk melakukan tindakan. Terutama kepada rekanan yang melakukan wanprestasi, atau melaksanakan pekerjaan tidak sesuai dengan perencanaan yang dibuat. Serta memberikan masukan sebagai bahan evaluasi bulanan kepada dinas terkait

“Artinya tujuannya memang kita agar memantau, dari segi perencanaan sampai pelaksanaan dipantau semua,” katanya.

Tidak hanya melakukan pemantauan, Komisi C bersama dengan TP4D Kabupaten Cilacap melakukan pembinaan kepada rekanan agar melaksanakan kegiatan sesuai perencanaan.(ale)

Komentar

komentar