PERWAKILAN dari Kemenag Cilacap memberikan piala dan hadiah kepada juara Pildacil yang diselenggarakan Lembaga Penyiaran Pubilk Lokal (LPPL) Bercahaya FM Cilacap,Sabtu (17/6). ISTIMEWA

CILACAP, SATELITPOST-Corina Tsabitah Agrifina, siswi Sekolah Dasar (SD) Negeri Sidakaya 10 Kecamatan Cilacap Selatan, berhasil menjadi juara I dalam Pemilihan Da’i Cilik (Pildacil) Ramadan 1438 H yang diselenggarakan Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Bercahaya FM Cilacap, Sabtu (17/6).

Gadis cilik ini berhasil menyisihkan lima finalis lainnya, dalam grand final Pildacil. Dia membawakan tausiyah bertema ‘Hikmah Puasa Ramadan’ dengan apik. Sehingga mebuat juri yang terdiri dari M Tongat dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap, Kasyono, SHI dari LAZ Cilacap, dan Drs Slamet Saifudin selaku Dewan Pengawas LPPL Bercahaya FM memberinya nilai tertinggi.

M Tongat, satu dewan juri mengatakan, secara umum penampilan seluruh finalis cukup baik, karena semua peserta tampil komunikatif dan cukup menghibur. Meskipun demikian, dewan juri tetap memilih peserta yang menguasai materi dan menyajikannya dengan baik, satu di antaranya Corina.

“Kami mengapresiasi kegiatan ini. Bisa dijadikan tempat untuk menanamkan nilai keagamaan sejak dini, melatih anak untuk berani menyampaikan pendapat dan gagasan di hadapan publik,” katanya.

Sementara itu, Direktur LPPL Bercahaya FM Cilacap, Ir Anggid Prapmoko mengatakan Pildacil Ramadan 1438 H merupakan satu kegiatan untuk mengisi program acara Ramadan. Dimana program yang digelar untuk memberikan edukasi bagi anak-anak.

“Kami menyadari pelaksanaan kegiatan ini tidak semeriah program serupa di beberapa stasiun televisi. Namun setidaknya ini dapat menjadi ajang edukasi bagi siswa, terutama untuk menanamkan nilai-nilai agama,” katanya

Sebelumnya ada sebanyak 122 orang pendaftar, setelah dilakukan audisi terpilih 72 peserta dengan penampilan terbaik. Kemudian peserta terpilih ini melakukan rekaman tausiyah yang ditayangkan di Bercahaya FM Cilacap selama Ramadan. Selanjutnya panitia bersama dewan juri memilih enam peserta dengan penampilan terbaik, untuk mengikuti babak final.

Selain Corina, sebagai Juara II yakni Nazwa Khoirunisa dari SD Al Irsyad 02 Cilacap, dan Juara III Silvia Hanastasya dari SD IT As Soleh. Juara Harapan I Nandita Cahya Putro dari SD IT As Soleh, Juara Harapan II Fima Adhawa Hasanah dari SD Muhammadiyah 05, dan Juara Harapan III Aluna D’Salma dari SD Muhammadiyah 07. Tiap peserta berhak mendapatkan piagam, trofi, dan uang pembinaan. (ale)

Komentar

komentar