Delapan Atlet Wakili Purbalingga di Pra Paralympic

PURBALINGGA, SATELITPOST-Delapan penyandang disabilitas Purbalingga, bakal mengikuti even Pra Pekan Paralympic Jawa Tengah, di Surakarta mulai, Rabu-Sabtu (22-25/11).

Kedelapan atlet yang tergabung dalam National Paralympic Committee (NPC) Kabupaten Purbalingga itu, terdiri dari beberapa cabang olahraga (cabor) di antaranya, Bulutangkis, Atletik, dan Tenis Meja.

Pengurus NPC Purbalingga, Sri Wahyuni mengatakan, seluruh atlet yang dikirimkan merupakan penyandang disabilitas tuna rungu wicara, tuna daksa, tuna grahita dan tuna netra.

“Delapan atlet yang kita kirim ini semuanya laki-laki, dan saat ini mereka sedang melakukan pemusatan pelatihan,” kata Sri Wahyuni, Sabtu (11/11).

Pekan paralympic adalah kegiatan pemberdayaan para penyandang disabilitas. Menurut Sri Wahyuni, ajang tersebut menjadi upaya membangun kepercayaan diri mereka yang harapannya berimbas pada peningkatan perekonomian para disabilitas.

“Rata-rata penyandang disabilitas, berasal dari masyarakat tidak mampu secara ekonomi. Sejauh ini, Purbalingga baru punya seorang atlet paralympic yang berkiprah di tingkat nasional, yakni perenang, Surotim,” kata dia.

Diakui Sri Wahyuni, dukungan Pemkab sangat dinantikan baik dalam kebijakan, terlebih support anggaran. NPC Purbalingga baru terbentuk, sehingga mereka cukup memaklumi jika belum adanya bantuan Pemkab.

“Selama ini masih didanai dana swadaya masyarakat yang peduli terhadap atlet paralympic. Ke depan, bantuan anggaran dari Pemkab sangat diharapkan agar Purbalingga bisa mencetak atlet-atlet paralympic yang berprestasi di tingkat propinsi, maupun nasional, bahkan kalau bisa mencapai tingkat paralympic Asean,” katanya. (min)

Komentar

komentar

BAGIKAN