PURWOKERTO, SATELITPOST-Penguatan pendidikan karakter (PPK) yang lebih banyak dikenal masyarakat dengan Full Day School (FDS) dinilai cocok diterapkan di Kabupaten Banyumas. Hal tersebut diungkapkan Kasi SMK Balai Pendidikan Menengah dan khusus (BP2MK) Wilayah V Banyumas, Kistrisaptono.

Menurut dia, PPK tidak hanya cocok diterapkan di kota-kota besar saja. Sebab, sejak empat tahun lalu, sistem yang hampir sama sudah diterapkan di Banyumas. “Sudah empat tahun yang lalu Gubernur menghimbau penerapan lima hari sekolah. Dan yang menerapkan lancar, biasa saja,” kata dia.

Persoalannya menurut dia justru mencuat setelah adanya Permendikbud Nomor 23 Tahun 2017. Menurut dia, seharusnya sudah sejak tiga tahun lalu sudah menerapkan Permen ini. “Selama tidak ada regulasi baru, yang menganulir kebijakan itu, kita tetap menjalankannya. Kecuali ada Permen perubahan. Kalau berkaca dari negara lain, mampu,” kata dia.

Sebab, menurut dia, Indonesia dalam langkah menjadi negara maju. “Kalau di luar negeri saja mampu, saya rasa Indonesia, pasti juga mampu,” kata dia.‎

Namun, yang perlu diketahui masyarakat, PPK di sekolah sebenarnya struktur minimal. Sehingga sekolah bisa memfasilitasi sesuai kearifan lokal sekolah. (alf)‎

Komentar

komentar

BAGIKAN