EKO SUSANTO

Hobi yang digeluti Eko Susanto rupanya membawa berkah tersendiri. Bagaimana tidak, berawal dari kegemarannya mencoba-coba menghias berbagai macam flora dan fauna di sebuah aquarium atau sering disebut aquascape ini sudah mendatangkan pundi-pundi rupiah.

 

Warga Desa Sijeruk Kecamatan Banjarmangu ini mampu menjual aquascape miliknya dengan harga mencapai Rp 20 juta untuk ukuran besar. Sedangkan, untuk ukuran kecil berkisar Rp 5 juta hingga Rp 10 juta. “Hanya untuk penggemar hobi aquascape di Banjarnegara belum banyak, sekarang masih sebetas komunitas. Untuk jual-beli aquascape pun masih melalui online,” katanya.

 

Baginya, untuk membuat aquascape hanya membutuhkan keuletan. Meski mudah didapat, namun jenis ikan yang dimasukkan ke dalam aquarium pun tidak sembarangan. Misalnya, ikan jenis neon fish, man fish serta lan discuss.

Mengingat ikan jenis tersebut tidak memakan tumbuhan hidup yang dimasukkan ke dalam aquarium. “Untuk jenis tanaman yang masuk dalam kategori aquascape juga tidak sembarangan. Misalnya criptocorine, anubias nana, anubias golden dan beberapa lainnya lagi,” kata pria 26 tahun itu.

Sedangkan untuk pembuatan, Eko mengaku satu aquascape memakan waktu kurang lebih enam bulan. Yakni dari proses awal hingga tumbuhan dapat tumbuh subur. “Selaian kadar air yang stabil, pupuk, pakan, suhu air dan juga cahaya pun harus tetap diperhatikan,”katanya. (gat)

 

Komentar

komentar