PURWOKERTO, SATELITPOST-Jalan tembus dari Jl Jendral Soedirman menuju Jl Gerily, Kamis (12/10) siang mulai digarap. Dimulai dari Jl Gerilya, pengerjaan jalan sepanjang 800 meter dan lebar 26 meter ini mulai masuk tahap pertama pembangunan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Banyumas, Irawadi mengatakan, pembangunan tahap pertama ini dikerjakan oleh CV Satria Buana Pamula Sakti dengan nilai kontrak Rp 3.909.060.000 yang dianggarkan dari APBD tahun 2017. “Waktu pelaksanaan selama 70 hari kalender atau sampai dengan 10 Desember 2017,” kata Irawadi saat pelaksanaan ground breaking yang dibuka oleh Bupati Banyumas, Kamis (12/10).

Irawadi mengatakan, pelaksanaan pembangunan jalan tembus Gerilya-Soedirman ini dua tahap. Tahap kedua, kata dia dilanjutkan tahun depan. Adapun total anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan jalan tersebut, sekitar Rp 60 miliar. “Adanya jalan tembus ini, diharapkan dapat mengurangi kemacetan yang ada di Kota Purwokerto, terutama pada hari-hari libur. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Banyumas, serta diharapkan meningkatkan akses layanan infrastruktur jalan bagi masyarakat, ” kata dia.

Bupati Banyumas Ir H Achmad Husein mengatakan, ide pembangunan jalan ini sejak 20 tahun lalu, saat Kolonel (Purn) Dr H Djoko Sudantoko SSos MM menjabat sebagai kepala daerah. Saat itu, kata dia, sudah memrediksi di Jalan Gerilya dan Jenderal Soedirman akan semakin padat. “Meskipun banyak masalah dan tantangan harus dihadapi, sekalipun membutuhkan waktu lima tahun prosesnya tapi bisa dilakukan hari ini. Saya berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung suksesnya pengerjaan jalan tembus ini, ” kata dia.

Kepada pelaksana proyek pembangunan, Husein mengingatkan agar bekerja dengan baik dan sesuai aturan. “Jangan pernah berlaku curang dan harus bekerja lurus-lurus saja, serta selesai tepat waktu, ” kata Husein. (kim)

Komentar

komentar