AKSI peserta Lomba Cipta Gerak dan Lagu tentang jamban sehat yang digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara, Selasa (14/11).SATELITPOST/MAULA

BANJARNEGARA,SATELITPOST-Masalah sosialisasi pola hidup bersih dan sehat terus digencarkan oleh pemerintah, termasuk dengan kepemilikan jamban sehat. Untuk itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara memiliki cara tersendiri dalam sosialisasi jamban sehat.

Satu yang dilakukan adalah dengan menggelar Lomba Cipta Gerak dan Lagu tentang jamban sehat. Dalam lomba ini, para peserta dituntut untuk membuat gerakan yang kreatif dan menarik perhatian. Tentunya, gerakan yang dibuat harus tepat sasaran. Yakni, mampu membawa muatan sosialisasi yang mengena dan mudah diingat oleh masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara, Ahmad Setiawan mengatakan, dalam kegiatan ini, setiap peserta wajib menampilkan gerak dan lagu sesuai dengan kreasinya. Namun beberapa poin harus menjadi perhatian peserta, mulai dari pentingnya kepemilikan jamban sehat hingga ajakan untuk tidak BAB sembarangan atau di kolam.

“Yang penting di dalam isinya memuat tema pokok kampanye jamban sehat dan stop buang air besar sembarangan. Istilahnya dari plung di kolam menjadi plong di WC karena sehat dan bebas penyakit,” katanya.

Dalam penilaian lomba juga juga nilai harmonisasi, kekompakan, dan koreo gerak atau joged. Karena itulah, setiap regu tampil dengan beragam kreativitas gerak dan pengembangan materi.

“Niatan kami memang bagaimana caranya membuat media kampanye yang ringan. Melibatkan semua unsur, namun tanpa terasa misi kampanye masuk di benak masyarakat,” katanya. (oel)

Komentar

komentar

BAGIKAN