BUPATI Cilacap Tatto S Pamuji (kedua dari kanan) dan Wakil Bupati Cilacap Akhmad Edi Susanto (kedua dari kiri) bernyanyi dalam tasyakuran HKN di GOR Wijayakusuma, Minggu (12/11).SATELITPOST/RENY TANIA

CILACAP, SATELITPOST-Puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap digelar pada Minggu (12/11) di Gelanggang Olahraga Wijayakusuma. Kegiatan dimulai dengan outbound yang diikuti oleh para tenaga kesehatan di wilayah Cilacap.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, dr Marwoto mengatakan melalui peringatan Hari Kesehatan Nasional ini sebagai momentum untuk mendorong gerakan hidup sehat di masyarakat. “Mengajak semua masyarakat, lintas  sektoral untuk berperilaku hidup sehat dengan gerakan masyarakat sehat, serta menyukseskan program Bangga Mbangun Desa,” ujarnya.

Dalam HKN in juga digelar berbagai rangkaian kegiatan mulai dari memberikan santunan kepada keluarga yang menderita sakit jiwa di Desa Karangsari Kecamatan Adipala, dan Mujur, Maos, pemberian santunan di panti rehabilitas sosial, pemeriksaan HIV AIDS. Lalu, kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di Bantarsari yang melibatkan anggota Pramuka, pemberian tablet penambah darah, pemeriksaan deteksi dini kanker rahim, deteksi dini kanker rahim IVA yang dilaksanakan di Pusat Kesehatan masyarakat (Puskesmas), serta di Balai Kesehatan Lanal Cilacap.

Promosi kesehatan kepada kelompok rentan. Tidak hanya itu, juga ada pemeriksaan mata dan pembagian kacamata gratis kepada sebanyak 300 unit,  donor darah, dan kegiatan lainnya, edukasi cuci tangan menggunakan sabun, penyuluhan bahaya narkotika, dan pengobatan gratis di seluruh UPT.

Berbagai kegiatan olahraga seperti futsal, bulutangkis, dan tenis meja juga digelar. Pertandingan yang juga diperlombakan ini akan diikuti oleh 24 kontingen dari Puskesmas, dinas, lembaga pendidikan kesehatan, Rumah Sakit, TNI, Polri, dan Lanal.

Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji mengajak seluruh yang hadir untuk selalu berbudaya hidup sehat. Mulai dari sendiri, serta mengajak keluarga dan masyarakat lainnya untuk selalu hidup sehat.

“Karena keluarga yang sehat maka ekonomi kuat, jika semua masyarakat sehat jasmani dan rohani, semua senang ini sebagai implementasi Bangga Mbangun Desa Pilar kesehatan,” katanya.

Hadir dalam kegiatan kemarin di antaranya Ketua DPRD Cilacap, Wakil Bupati, GM Pertamina, Plt Sekda, Direktur RSUD dan RSI Fatimah,  SKPD, Keluarga besar kesehatan dan tamu undangan. Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Akhmad Edi Susanto berpamitan karena dalam satu Minggu masa jabatannya akan habis. ([email protected])

Komentar

komentar