Kerusakan Jalan Tlaga-Gumelar Tanggung Jawab Kontraktor

PURWOKERTO, SATELITPOST-Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Banyumas merespons cepat aduan warga terkait kerusakan Jalan Tlaga-Gumelar yang baru saja diperbaiki. Jalan yang baru selesai diperbaiki pada 3 September 2017 tersebut dinyatakan masih tanggung jawab pelaksana proyek.

“Kami cek segera, ada berapa titik di Jalan Tlaga-Gumelar yang kondisinya rusak, terutama yang jalan baru diperbaiki. Karena itu memang tugas kami mengevaluasi,” kata Kepala Bidang Pembangunan Jalan dan Jembatan¬† DPU Kabupaten Banyumas, Achmad Taufik, kemarin siang (13/11).

Ia mengatakan, perbaikan Jalan Tlaga-Gumelar merupakan program Pemkab Banyumas dengan anggaran mencapai Rp 972 juta. Perbaikan jalan tersebut adalah peningkatan kualitas jalan yang dilakukan Pemkab Banyumas dengan pelaksana kontraktor setelah proses lelang pengerjaan.

“Sekarang Jalan Tlaga-Gumelar tersebut masih masa pemeliharaan. Masa pemeliharaan merupakan tanggung jawab kontraktor. Setelah kami cek, langsung kami hubungi kontraktor untuk bertanggung jawab,” kata dia.

Ia mengakui, tingginya curah hujan memang sering memicu terjadinya kerusakan jalan. Namun, kualitas jalan yang baik akan bertahan lebih lama meskipun curah hujan tinggi selama tidak terjadi pergeseran tanah.

“Hujan jelas memicu kerusakan jalan. Tapi jalan yang dikerjakan dengan benar, bertahan lebih lama. Kecuali hujannya mengakibatkan longsor atau mengalami pergerakan tanah,” kata dia. (kim)

Komentar

komentar