KPU Banyumas Fasilitasi Cek Kesehatan Bapaslon

Di RS Moewardi Solo

PURWOKERTO, SATELITPOST- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyumas memfasilitasi dua bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Banyumas dalam pilkada 2018 nanti. Kedua bapaslon tersebut dijadwalkan mengikuti pemeriksaan kesehatan di RS Moewardi Solo pada 12-13 Januari 2018.

‎Komisioner KPU Banyumas Divisi Teknis, Ikhda Aniroh mengatakan, sesuai peraturan KPU, pemeriksaan kesehatan bapaslon dilakukan di RS yang sudah tipe A. “Di Jawa Tengah hanya ada dua RS tipe A, yakni RS Karyadi Semarang dan RS Moewardi Solo. Dan untuk pemeriksaan bapaslon dari Kabupaten Banyumas dilakukan di RS Moewardi Solo,” kata dia.

Tahapan pemeriksaan kesehatan itu berlangsung mulai Jumat hingga Sabtu (12-13/1). Namun, menurut dia KPU Banyumas mengundang bapaslon mulai Kamis (11/1) di hotel yang sudah disiapkan KPU Banyumas.

“Tanggal 11 Januari, seluruh bakal paslon sudah harus check in di hotel yang kami siapkan. Untuk briefing dulu,” katanya.

Selain diperiksa kondisi kesehatannya, bapaslon juga harus menjalani tes psikologi dan narkoba. Dengan tim kesehatan tersebut terdiri dari unsur IDI, Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI), dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jateng. Hasil verifikasi faktual dan tes kesehatan akan direkap kembali dan diplenokan untuk menetapkan pasangan calon.

“Mengenai indikator pemeriksaan kesehatannya ada di mereka (tim), saya tidak tahu sebab indikatornya banyak dan harus memenuhi ketentuan undang undang,” kata dia.

Sebelumnya, dua bapaslon bupati-wakil bupati sudah mendaftar ke KPU Banyumas untuk berlaga di Pilkada 2018. Keduanya mendaftar pada hari terakhir tahapan pendaftaran, Rabu (10/1). Bakal paslon Husein-Sadewo dan Mardjoko-Ifan.(alf)

Komentar

komentar