KOMISIONER KPU Cilacap memperlihatkan pengumuman pendaftaran kepada warga yang akan mendaftar PPK dan PPS di kantor KPU Cilacap, Kamis (12/10).

CILACAP, SATELITPOST-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cilacap mulai membuka pendaftaran untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), Kamis (12/10). PPK dan PPS tersebut nantinya akan bekerja untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah tahun 2018.

Bagi warga yang berniat mendaftar bisa mendapatkan formulir di kantor kecamatan, kantor desa/kelurahan setempat atau bisa diunduh melalui website resmi KPU Cilacap www.kpud-cilacapkab.go.id.

Ketua KPU Cilacap, Sigit Kwartianto mengatakan untuk pendaftaran PPK akan dilakukan mulai tanggal 12-17 Oktober.  Seleksi administrasi akan dilakukan mulai 13-18 Oktober, dan untuk hasilnya diumumkan pada tanggal 19 Oktober. “Untuk PPK diseleksi administrasi, seleksi tertulis dan juga seleksi wawancara,” katanya.

Pengumuman hasil seleksi wawancara ini dan penetapan PPK terpilih akan dilakukan 31 Oktober 2017. Sedangkan untuk pendaftaran PPS akan dilaksanakan mulai tanggal 13 Oktober sampai 1 November 2017. Seleksi administrasi ini akan diumumkan pada tanggal 5 November. Seleksi wawancara akan dilakukan pada tanggal 6-8 November, dan untuk pengumuman dilaksanakan pada 9 November. “PPK nanti terbentuk terlebih dahulu, dan langsung bekerja untuk melakukan seleksi wawancara PPS, begitu dilantik,” ujar Sigit.

Syarat-syarat pendaftaran untuk menjadi PPK, dan PPS ini, kata dia mulai dari berusia minimal 17 tahun, tidak menjadi anggota parpol dalam jangka waktu lima tahun, berdomisili di wilayah kerja PPK dan PPS, mampu secara jasmani dan rohani, bebas penyalahgunaan narkoba.

Selain itu tidak pernah dipidana dengan hukuman lima tahun atau lebih, belum pernah menjabat dua kali sebagai anggota PPK dan PPS, serta tidak pernah diberikan sanksi pemberhentian tetap oleh KPU Kabupaten atau DKPP. “KPU akan memilik PPK dan PPS yang punya integritas, non partisan, memiliki kapabilitas dan berintegritas kuat. Sesuai UU,” katanya.

KPU juga sudah berkoordinasi dengan pihak kecamatan untuk memfasilitasi tempat dan sekretariat badan penyelenggara selama pelaksanaan pendaftaran dan penyelenggaraan Pilgub 2018. Sigit meminta masyarakat untuk mendaftarkan diri menjadi badan penyelenggara. Formulir pendaftaran nantinya diserahkan ke kantor KPU Cilacap, kantor kecamatan setempat dan kantor desa/kelurahan setempat. (ale)

Komentar

komentar