KPU Terima Berkas Delapan Parpol

PURWOKERTO, SATELITPOST-Hingga waktu terakhir pendaftaran partai politik peserta pemilu 2019, Senin (16/10), sebanyak 10 Parpol sudah menyerahkan berkas.

Hingga berita ini diturunkan, baru ada delapan parpol yang berkasnya diterima KPU Banyumas setelah jumlah dukungan dalam Sipol sama dengan jumlah dukungan KTP dan KTA.

Sebanyak delapan parpol tersebut di antaranya, PDI-P dengan dukungan sebanyak 1.866, PAN dengan dukungan sebanyak 1.399, Nasdem dengan dukungan 1.229, PPP dengan dukungan 1.115, Partai Golkar dukungan sebanyak 1.538. Selain itu ada juga parpol pendatang baru yakni Perindo dengan dukungan 1.246, PSI dengan dukungan 1.005 dan Partai Garuda sebanyak 1.060 dukungan.

Sementara dua parpol lainnya, PKS dan Partai Berkarya yang menyerahkan berkas Senin (16/10) pagi, terpaksa KPU kembali menyerahkan berkasnya. Karena tidak sesuai antara jumlah dukungan dalam Sipol dan jumlah KTA dan KTP.

“Tapi katanya akan langsung di lengkapi hari ini juga. Karena hari ini memang hari terakhir pendaftaran,” kata Ketua KPU Banyumas, Unggul Warsiadi SH MM.

Selain itu ada beberapa parpol yang juga sudah berkonsultasi sebelumnya, yakni Demokrat dam Gerindra. Sementara tiga parpol lainnya, yakni Hanura dan PKB bahkan sama sekali belum pernah berkonsultasi dengan KPU Banyumas.

Unggul mengatakan, tidak menutup kemungkinan jumlah parpol yang mendaftar akan semakin banyak menjelang batas akhir pendaftaran, yakni Senin (16/10) pukul 24.00. Sebab, menurutnya sebelumnya juga parpol menyerahkan berkas di hari terakhir.

Terlebih, sesuai surat edaran KPU Nomor580‎/PL.01.1-SD/03/KPU/X/2017, KTP dan KTA parpol yang sudah menyerahkan berkas lebih dari 1.000 dukungan bisa diterima setelah pukul 24.00.

“Sebagai langkah darurat, masih bisa melengkapi. Kalau sampai Senin (16/10) pukul 24.00 parpol belum menyerahkan berkasnya, maka dianggap tidak mendaftar di Kabupaten Banyumas. Tapi tidak menutup kemungkinan parpol tersebut tetap mengikuti pemilu. Selama memenuhi 75 persen dukungan dari satu provinsi,” katanya.

Parpol yang sudah diterima berkasnya akan dilakukan penelitian administrasi. Pada masa penelitian administrasi. Selanjutnya akan dilakukan verifikasi faktual bagi parpol pendatang baru yang sebelumnya tidak ikut pemilu 2014. “Bagi parpol yang mengikuti pemilu 2014 tidak perlu dilakukan verifikasi faktual,” katanya.

Sementara itu, Partai Nasdem yang menyerahkan berkas di hari terakhir, Senin (16/10) sebelumnya sudah menyerahkan berkasnya pada Jumat (13/10). Namun belum sesuai antara jumlah dukungan dalam Sipol dengan KTP dan KTA.

“Kami sudah melengkapinya tadi, Senin (16/10) dan sudah diterima. Nasdem siap ikuti proses selanjutnya. Dan pasti Partai Nasdem akan lolos di tahapan berikutnya sampai menjadi peserta pemilu 2019,” kata Bapilu Partai Nasdem DPD Banyumas, Agus Lestiyono. (alf)

Komentar

komentar