ILUSTRASI

CATALUNYA, SATELITPOST-Modifikasi yang dilakukan pada Sirkuit Catalunya, Spanyol, pada seri balap MotoGP 2017, diyakini oleh pebalap tim Ducati Racing, Jorge Lorenzo, bakal menyulitkannya di seri musim ini.

Seperti dilansir tribunnews dari Speedweek, pebalap berjuluk X-Fuera ini, mengklaim bahwa kondisi Sirkuit Catalunya pada musim ini tidak terlalu menguntungkan Ducati.

Ia menduga, kesulitan yang paling besar adalah saat membutuhkan tenaga yang lebih lembut menjelang sudut tikungan.

“Saya yakin akan mengalami kesulitan saat menaklukkan Catalunya, yang telah mengalami modifikasi sirkuit untuk musim ini. Saya perhatikan dari gambara yang ada, Ducati dengan tenaga yang besar akan sulit mengendalikan tenaga dan butuh muntahan tenaga yang agak lembut,” kata Lorenzo.

Sirkuit Catalunya mengalami modifikasi menyusul insiden yang merenggut nyawa pebalap Moto2, Luis Salom, pada balapan tahun lalu.

Perubahan yang dilakukan adalah penggunaan karakter F1 pada tikungan ke-10 dan penambahan chicane (kelokan sempit) selepas tikungan ke-13. Bentuk baru sirkuit sudah akan digunakan pada MotoGP Catalunya, 11 Juni 2017.

Menurut Lorenzo, karakter baru yang ada di Catalunya saat ini bakal lebih cocok untuk Honda dan Yamaha, yang lebih mudah saat dikendalilkan di sudut tikungan.

 

Rossi Berharap Ada Jeda

Tak ada akhir pekan untuk bersantai-santai. Setelah GP Italia yang berlangsung akhir pekan kemarin, para pebalap MotoGP sudah harus beraksi lagi akhir pekan ini.

Para pebalap akan bersaing pada seri ketujuh MotoGP 2017, GP Catalunya, di Circuit de Barcelona-Catalunya, 9-11 Juni.

“Saya akan senang jika ada jeda satu akhir pekan setelah balapan di Sirkuit Mugello, untuk mendapatkan pemulihan terbaik,” kata Valentino Rossi dalam rilis yang dikeluarkan Movistar Yamaha MotoGP.

Rossi menjalani GP Italia dengan kondisi fisik tidak 100 persen. Dia masih menjalani masa pemulihan setelah mengalami kecelakaan saat berlatih motokros di Italia, 25 Mei lalu.

Pada GP Italia, Rossi finis di urutan kempat, yang merupakan kali ketiga secara beruntun dia gagal naik podium pada musim ini.

Pada seri keempat di Sirkuit Jerez, Spanyol, Rossi finis di urutan ke-10. Pada seri berikutnya di Sirkuit Le Mans, Perancis, dia gagal finis karena terjatuh pada lap terakhir.

Pada tiga seri pertama musim ini, Rossi selalu naik podium hasil finis di urutan ketiga pada GP Qatar, lalu dua kali finis di urutan kedua saat balapan di Argentina dan Austin.

Rossi punya kenangan manis di Circuit de Barcelona-Catalunya. Sejak kelas MotoGP diperkenalkan pada 2002, dia sudah enam kali menjadi juara GP Catalunya, termasuk tahun lalu.

“Saya sangat menikmati (balapan di) Circuit de Barcelona-Catalunya, meskipun cengkeraman ban-nya sangat rendah. Kami harus berusaha mendapatkan setelan motor yang bagus sehingga kinerja ban bisa maksimal,” kata Rossi.

” GP Catalunya merupakan balapan dengan atmosfer sangat indah, dengan banyak sekali fan antusias. Kami siap melakukan yang terbaik,” kata pebalap 38 tahun tersebut.

Rossi saat ini berada di urutan ketiga klasemen sementara dengan koleksi 75 poin, Dia tertinggal 30 angka dari rekan satu timnya, Maverick Vinales, yang memimpin klasemen. ([email protected])

Komentar

komentar